• Ketua KUD Boncah Kusuma, Khoirum saat meninjau pelaksanaan Reflanting

KABUN -- Ketua Koperasi Unit Desa (KUD), Boncah Kusuma Kecamatan Kabun, Rohul, Khoirum terus upayakan peningkatan kesejahteraan anggota yang tergabung dalam KUD Boncah Kusuma.

Hal itu dikatakannya kepada media ini, akhir pekan lalu saat berkunjung dilokasi tanaman sawit yang sudah di reflanting.

"Dalam pelaksanaan reflanting ini, selain program penanaman Kelapa Sawit, juga dilaksanakan porgram menanam Padi Jagung Kedelai (Pajale) disela sela pokak sawit yang ditanam," jelasnya.

Lanjut Khoirum, penanaman Pajale ini dinilainya sangat produktif untuk meningkatkan prekonomian masyaraktat yang tergabung dalam KUD Boncah Kusuma.

Dikatakan Khoirum, luas area kebun masyarakat yang direflanting lewat KUD 857 Hktar dengan dana reflanting dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) dengan budget RP 21 414 000 000. "Pendanaaan reflanting ini dari hasil tabungan para petani selama 32 tahun," jelasnya.

Lanjut Khoirum yang juga Caleg DPRD Rohul No 8 dari PKS ini menyatakan, Estimasi pembiayaan dalam penanaman per hektarnya berkisar 16 414 000, sedangkan rincian perpokok sekitar 44 000, sudah termasuk ciping sedangkan jarak tanam 8,3 meter.
Diakui Khoirum, terlaksananya reflanting ini berkat kerjasama para petani serta dukungan dari istansi terkait.

Khoirum menambahkan, penanaman Pajale ini hendaknya menjadi budaya bagi para petani, "karena tanaman muda sebulum sawit berhasil dapat menopang perekonomian masarakat," tukas Caleg PKS ini.**(lim)