PINGGIR -- Pelayanan sektor kesehatan merupakan satu satu skala prioritas pada masyarakat. Untuk itu, pada tahun 2020, diusulkan agar di Kecamatan Pinggir, dibangun satu lagi Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Usulan disampaikan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Alwizar, pada pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Pinggir, Selasa 12 Februari 2019, di aula kantor camat.

Alwizar yang mewakili Kepala Dinas Kesehatan dr Ersan Saputra mengatakan, saat ini jumlah penduduk di Kecamatan Pinggir sekitar 89 ribu jiwa. Sementara jumlah Puskesmas yang melayani masyarakat Kecamatan Pinggir terdapat dua unit, yakni Puskemas Balai Raja Kecamatan Pinggir dan satu lagi Puskesmas Sebanga Kecamatan Mandau.

Ini artinya, kata Alwizar, jumlah Puskesmas di Kecamatan Pinggir baru satu unit, yakni Puskemas Muara Basung. Padahal, sesuai standar setiap 30 ribu jiwa penduduk (atau kurang dari jumlah itu) wajib ada satu Puskesmas. Apalagi secara geografis, bentang luas wilayah kecamatan Pinggir tergolong luas, sehingga membutuhkan satu Puskesmas yang memadai.

"Atas dasar itu, pada tahun 2019 ini, Pemerintah Kabupaten Bengkalis, akan membangun satu Puskesmas di Kecamatan Pinggir, tepatnya di Kelurahan Balai Raja. Dengan kehadiran Puskesmas ini, pelayanan kesehatan masyarakat dapat dimaksimalkan," ungkap Alwizar.

Kendati pada tahun 2019 ini akan dibangun satu unit Puskesmas, namun pada Musrenbang Kecamatan Pinggir, Alwizar menyarankan agar pada tahun 2020 kembali diusulkan pembangunan satu unit Puskemas lagi. Tentu lokasinya di kawasan lebih mudah diakses oleh masyarakat, misalnya di Desa Sungai Meranti.

Alasannya, dengan jumlah penduduk Kecamatan Pinggir besar dan letak geografis yang luas, serta agar masyarakat lebih maksimal mendapatkan layanan kesehatan. Untuk itu, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit ini, menyarankan agar pihak kecamatan maupun desa untuk menyiapkan lahan kosong untuk pembangunan Puskemas.

Mendengar usulan angin segar pembangunan Puskemas di wilayahnya, Camat Pinggir, Toharudin langsung menyambut dengan tangan terbuka. Lantas meminta kepada Kepala Desa Sungai Meranti Basma Lubis untuk mulai mencarikan lahan kosong.

"Pak kepala desa, tolong dicatat. Secepatnya agar bisa dicarikan lahan kosong. Luasnya disesuaikan dengan tipe Puskemasnya. Untuk rawat jalan atau rawat inap. Kalau rawat inap, siapkan lah 1 hektar," ungkap Toharudin.

Mendapat tantangan dari Camat Pinggir, langsung disanggupi oleh Kepala Desa Sungai Meranti Basma Lubis. "Siap kami. Insya Allah kami siapkan lahan yang diperlukan," ungkapnya.

Kegiatan yang dipimpin Camat Pinggir Toharudin ini diikuti sejumlah pimpinan OPD, seperti Kepala Dinas (Kadis) Lingkungan Hidup Arman AA, Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Ismail, Kadis Sosial Hj Martini, Kepala Badan Pendapatan Daerah H Imam Hakim dan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Emri Juli Harnis.

Sedangkan dari unsur DPRD Kabupaten Bengkalis, tampak hadir Adihan, Pipit Lestari dan Susianto.**(diskominfotik)