Gaungriau.com (KABUN) -- Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman serahkan sertifikat Program Pendaftaran Sistematis Lengkap (PTSL) 2018, untuk 701 Sertifikat, di Balai Desa Kabun, Kecamatan Kabun, Selasa 9 April 2019 sore.

Bupati mengatakan, penyerahan sertifikat PTSL berfungsi meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena sertifikat tersebut sudah memiliki kepastian hukum dengan memiliki bukti kepemilikan hukum secara sah. Dirinya berpesan ke masyarakat, agar menjaga dan menyimpan dengan baik.

Pebagian sertifikat PTSK, dihadiri Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati, Sekda H. Abdul Haris S.Sos M.Si, Ketua DWP Hj Neti Herawati SKM, Kadisdikpora Drs Ibnu Ulya M.Si, Kadiskes dr Bambang, Plt Dinas Perkim Suparno, Kabid Pengairan PUPR Arisman, Perwakilan BPN Rohul, Camat Kabun Anang Perdana Putra S.STP, Kades Kabun Amri dan Kades Aliantan M.Rois Zakaria SE.

“Dengan sudah dipegangnya sertifikat hak milik atas tanah tersebut, agar dokumen hak milik atas tanah yang telah memiliki kepastian hukum tetap disimpan dengan baik,”

"Sertifikat tanah ini sangat bermanfaat, berharap sertifikat tanah ini jangan sampai rusak atau hilang, agar dapat memberikan manfaat sertifikat juga harus dijaga dan dirawat dengan baik," imbau Sukiman

Kata Bupati Sukiman berharap ke masyarakat, agar bisa memanfaatkan sertifikat tanah ini untuk kepentingan ekonomi, bisnis dan usaha.

“Bagi masyarakat yang sudah miliki sertifikat, sertifikat ini bisa dijadikan sebagai agunan di Bank dalam menambah modal usaha, digunakan untuk usaha berdagang, namun bukan untuk beli motor, tetapi lebih untuk yang produktif," ucap Sukiman.

Bupati Sukiman juga menyampaikan, melalui ABPD 2019 Pemkab Rohul melalui Dinas PUPR Rohul melakukan peningkatan Jalan Sopan, peningkatan Jalan Sei Pisang, Tembok Penahan Tebing Sungai Giti Desa Kabun. Kemudian dari Dinas Perkim, peningkatan jalan lingkungan Desa Kabun. Dari Dinkes Rohul, pembangunan Puskemas pembantu Desa Giti. Sedangkan dari Disdikpora Rohul Pembangunan MCK dan Seminisasi SDN 01 dan SDN 02 Kabun.

Bupati mengajak masyarakat membangun dengan kebersamaan, meski berbeda-beda agama, suku dan bahasa. Tetapi hal itu tidak menghalangi dalam membangun "Negeri Seribu Suluk"..

Kepala Desa Kabun Amri menjelaskan, program PTSL 2018 sejak dimulainya sosialisasi hingga penerbitan sertifikat tanah antusias masyarakat cukup tinggi.

"Dengan PTSL ini dimulai tahun 2018 diserahkan tahun 2019. Masyarakat Desa Kabun mendapat 701 sertifikat, artinya 95 persen yang diusulkan dikabulkan BPN Rohul," jelas Amri.

"Masyarakat yang sudah lama menunggu mulai dari sosialisasi hingga hari ini sudah terealisasi, ini berkat dukungan Bupati dan BPN Rohul. Harapan kami hari ini mari kita mendukung program Pemerintah kedepannya," tambahnya.**(lim)