Gaungriau.com (PEKANBARU) -- Tujuan pendidikan tinggi yang utama adalah mengembangkan potensi Mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, terampil, kompeten, dan berbudaya untuk kepentingan bangsa. Selain untuk menghasilkan lulusan yang menguasai cabang Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi untuk memenuhi kepentingan nasional dan peningkatan daya saing bangsa.

Dengan demikian, maka Mahasiswa sebagai insan dewasa harus dapat mengembangkan potensi secara maksimal agar dapat memenuhi tuntutan sebagaimana diuraikan di dalam tujuan pendidikan tinggi. Mahasiswa diharapkan memiliki kecerdasan komprehensif, yang tidak hanya didapatkan atau menekuni ilmu dalam bidangnya saja (hardskill), tetapi juga harus beraktivitas untuk mengembangkan soft skillnya. Kemampuan ini dapat diperoleh mahasiswa melalui pembekalan secara formal dalam kurikulum pembelajaran, kurikuler, dan ekstrakurikuler.

Untuk mendorong hal tersebut Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan setiap tahun menyelenggarakan pemilihan pilmapres, yaitu sebuah kegiatan untuk memilih atau mencari dan memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang berhasil mencapai prestasi tinggi, baik kurikuler maupun ekstrakurikuler sesuai dengan kriteria yang ditentukan.
Seleksi mahasiswa berprestasi pada tahun 2019 tingkat LLDIKTI X dilaksanakan pada tanggal 14 - 16 April 2019 di Hotel Grand Royal Denai Hotel Bukit Tinggi Provinsi Sumatera Barat.

Seleksi mawapres tahun ini diikuti oleh 35 mahasiswa terbaik utusan dari berbagai Universitas, Politeknik & Sekolah Tinggi di wilayah Provinsi Riau, Kepulauan Riau, Jambi & Sumatera Barat.

Seleksi mawapres dilaksanakan dengan beberapa kategori penilaian seperti rekapitulasi sertifikat prestasi, penulisan karya tulis ilmiah, presentasi karya tulis & penguasaan bahasa asing.

Tahun 2019 ini Universitas Islam Riau mengutus satu orang delegasi mahasiswa atas nama Dian Venita Sary dari Prodi Hubungan Internasional FISIPOL UIR. Dian menyusun dan mempresentasikan karya tulis ilmiah mengenai "Implementation of Blue Economy Concept toward Empowerment Society in Coastal Area".

Dalam seleksi mahasiswa berprestasi ini Delegasi UIR Dian Venita Sary mahasiswa semester 2 terpilih sebagai peringkat 7 terbaik dalam acara Seleksi mahasiswa Berprestasi tingkat LLDIKTI.

Selaku Dosen Pembimbing mahasiswa Berprestasi ini Dr.Rendi Prayuda M.Si juga menyampaikan bahwa kegiatan mahasiswa berprestasi ini sangat penting untuk memotivasi mahasiswa terutama yang masih semester 2 agar terus berprestasi baik di bidang akademik ataupun non akademik.

Selanjutnya WR 3 Universitas Islam Riau bapak Ir.Rosyadi M.Si juga memberikan apresiasi kepada delegasi UIR saudari Dian Venita Sary yang telah berusaha keras & mampu masuk dalam peringkat 10 besar mawapres tingkat LLDIKTI X.Harapannya adalah semoga tahun depan delegasi UIR mampu menjadi Juara 1 seleksi mawapres tingkat LLDIKTI X dalam mewujudkan visi UIR Unggul 2020.**(rls)