• Ir. H. Sri Hardono MM

Gaungriau.com (PASIR PENGARAYAN) -- Ada 10 unit embung sektor perkebunan dan peternakan, yang akan dibangun di delapan desa yang ada di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) oleh pemerintah pusat pada tahun 2019 ini, dibangun berkat bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2019 senilai Rp1,14 miliar.

Diakui pelaksana tugas Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan‎ (Disnakbun) Rohul Ir. H. Sri Hardono MM melalui Kepala Bidang Prasarana, Sarana dan Penyuluhan Disnakbun Rohul Samsul Kamar S.Hut, M.Si,‎ bahwa pembangunan ke 10 unit embung itu akan dilakukan dengan sistem swakelola.

Dimana bantuan DAK 2019 akan disalurkan langsung, melalui delapan kelompok tani (Koptan). Koptan yang merencanakan dan pembangunan dengan konsep padat karya, sementara Disnakbun Rohul hanya mengawasi proses pembangunannya.

‎"Memanng embung dibutuhkan oleh masyarakat. Banyak proposal yang masuk dan sudah dilakukan seleksi, namun tahap awal baru sepuluh unit yang bisa dibangun tahun ini," terang Samsul Kamar, Jumat 10 Mei 2019 sore.

Tambah Samsul, dimana ke 10 unit embung yang dibangun di 2019, terdiri 7 unit embung dibangun di Kecamatan Rambah Samo, 3 unit embung di Desa Pasir Makmur, Desa Marga Mulya, Desa Karya Mulya, Desa Langkitin, dan Desa Rambah Samo Barat.

Kemudian, 3 unit embung lainnya dibangun di Kecamatan Rambah Hilir, yakni di Desa Rambah Muda, Desa ‎Sungai Sitolang, dan Desa Lubuk Kerapat.

"Embung untuk sektor perkebunan dan peternakan ini untuk mengatasi kekurangan air, karena perkebunan dan peternakan memang membutuhkan air cukup banyak," jelasnya.

Sebut Samsul, banyak kelompok tani atau desa yang sudah mengajukan proposal, terutama desa-desa yang memang mengalami kesulitan air seperti di musim kering.

"Ada sekitar 30 proposal yang masuk sampai saat ini. Namun belum semua bisa dibantu," ujarnya.

‎Samsul Kamar juga menargetkan, 25 unit embung sudah terbangun di Kabupaten Rohul melalui bantuan DAK hingga tahun 2020‎. Karena, ada 15 unit embung lagi yang akan dibangun‎ pemerintah pusat tahun depan.**(lim)