• Ilustrasi pemeliharaan jariangn PLN

Gaungriau.com (PASIR PENGARAYAN) -- PLN rayon Pasir Pengarayan, akan lakukan pemadaman terencana, dimulai pada Selasa 14 Mei 2019, Kamis 16 Mei 2019, dan Sabtu 18 Mei 2019.

Diakui Manajer PLN Rayon Pasir Pangaraian, Syarifuddin,mengaku pemadaman akan dilakukan selama tiga hari, yakni di tanggal 14,16, dan 18 Mei 2019 mendatang.

Ia menambahkan, pemadaman sementara ini dilakukan untuk meningkatkan kehandalan jaringan listrik, dengan cara melakukan pemeliharaan, sehingga pelru dilakukan pemadaman sementara.

Syarifuddin menerangkan, untuk hari Selasa 14 Mei 2019, akan dilakukan pemeliharaan trafo gardu induk Pasir Pangaraian‎, dan wilayah pedaman di seluruh pelanggan ULP Pasir Pengarayan.

"Lama pemadaman diperkirakan untuk hari ini akan berlangsung sekitar 6 jam dimulai pada pukul 08.00 Wib hingga jam 14.00 Wib," katanya.

Sebutnya, selama pemeliharaan trafo gardu induk Pasirpangaraian maka listrik akan padam, namun jika pemeliharaan tersebut berlangsung cepat, makan listrik akan hidup kembali, jadi tergantung dari proses pemeliharaan tersebut.

Untuk Kamis dan Sabtu mendatang, juga akan dilakukan pemadaman karena akan dilakukan pemeliharaan jaringan distribusi dan perampalan pohon.

"Kemudian untuk hari Kamis dan Sabtu hanya sebagian pelanggan kita saja yang padam. Yakni untuk hari Kamis di Kecamatan Tambusai dan Tambusai Utara, sedangkan hari sabtu, di Kecamatan Kepenuhan hingga Kecamatan bonai Darussalam," terangnya.

Syarifuddin menghimbau sekaligus berharap kepada masyarakat, apabila ada pohon warga yang berada di dekat jaringan harus di pangkas, mengingat ganguan pohon merupakan salah satu penyebab padamnya listrik. Hal itu juga untuk meminimalisir gangguan akibat sentuhan pohon.

Diakuinya, bagi pohon warga yang berada dekat dengan jaringan, cukup memberitahukan ke PLN, petugas akan segera melakukan pemangkasan pohon.

"Selain sentuhan pohon langsung ke jaringan, pohon yang berada di dekat jaringan bisa dijadikan media hewan-hewan untuk melompat ke jaringan kita. Contohnya saja monyet yang naik ke jaringan kita dan tersengat sehingga listrik padam. Jadi kami berharap masyarakat bisa membantu kami," jelasnya.**(lim)