• Rektor Universitas Islam Riau Prof DR H Syafrinaldi SH MCL (Baju Putih) saat berdialog dengan insan pers di Ruang Sidang lantai II Rektorat, Senin (20/5/2019). 

GAUNGRIAU, PEKANBARU - Jalin silaturahmi, Universitas Islam Riau (UIR) menggelar buka puasa bersama dengan pimpinan media yang ada di Riau, Senin (20/5/2019) di Ruang Sidang lantai II Rektorat UIR.

Lebih kurang 25 pimpinan media cetak dan online hadir memenuhi undangan Bukber yang diinisiasi Kepala Bagian Humas dan Protokoler UIR, DR H Syafriadi SH MH tersebut.

"Maaf pak rektor, kegiatan agak molor sedikit dari jadwal yang sudah kita tetapkan pukul 16.00 WIB. Mungkin ada kendala macet di jalan yang menyebabkan teman-teman media telat," ucap Syafriadi membuka acara sembari memperkenalkan satu persatu pimpinan media yang hadir.

Pada kesempatan itu, Rektor UIR Prof DR H Syafrinaldi SH MCL didampingi beberapa orang Wakil Rektor dan Dekan menyampaikan terimakasihnya kepada Kepala Bagian Humas yang telah memprogramkan kegiatan buka bersama dengan insan pers tersebut. Dia mengatakan, kegiatan ini merupakan kali pertama dilakukan UIR, dan akan melanjutkannya untuk tahun tahun mendatang.

Syafrinaldi mengatakan, sejak dipercaya memimpin UIR dua tahun lalu, kemajuan demi kemajuan sudah diraih UIR. Melalui website yang diterbitkan Direktorat Jenderal Kelembagaan Iptek Dikti Kementerian Riset, Tekhnologi dan Pendidikan Tinggi RI, peringkat UIR naik drastis dari posisi 467 di tahun 2017 menjadi 123 dari ribuan universitas di Indonesia.

"Alhamdulillah, posisi UIR secara nasional naik cukup signifikan. Dari peringkat 467 dua tahun lalu, kini sudah bertengger di posisi 123 nasional. Mudah-mudagan pada tahun depan diharap sudah menduduki posisi 100 besar," ungkap Syafrinaldi.

Dia juga menyampaikan, sebagai universitas Islam tertua dan terbesar di LLDIKTI wilayah X, dirinya bertekad menjadikan UIR sebagai perguruan tinggi yang unggul. Ini sejalan dengan visi UIR itu sendiri, yakni menjadi universitas Islam yang unggul dan terkemuka di Asia Tenggara tahun 2020.

Untuk mencapai itu semua, dikatakan Syafrinaldi, rektorat bersama civitas akademika bekerja keras meningkatkan akreditasi pada masing-masing program tudi (Prodi). Hal itu kini sudah mulai terlihat dengan berhasilnya 10 Prodi mendapatkan akreditasi A.

"Dulu hanya 4 prodi saja berakreditasi A. Alhamdulillah sekarang sudah mencapai 10 Prodi. Insha Allah, untuk semua prodi kita upayakan mendapat akreditasi A," tukasnya.

Tak hanya itu, upaya lainnya dilakukan dengan memperbanyak kerjasama untuk melaksanakan catur dharma perguruan tinggi dengan berbagai pihak, baik di dalam maupun luar negeri. Selain itu, para mahasiswa juga didorong untuk melaksanakan berbagai aktivitas. Tenaga pengajar juga diminta untuk giat melakukan penelitian-penelitian.

Capaian progres yang diraih UIR dua tahun belakangan memang sangat fantastis. Tak salah kalau kemudian universitas kebanggaan masyarakat Riau ini menjadi yang terbaik di seluruh perguruan tinggi yang ada di LLDIKTI Wilayah X.

Dikesempatan itu juga Syafrinaldi tak lupa mengucapkan terima kasih kepada pers yang telah menyampaikan informasi terkait kegiatan UIR selama ini. Untuk itu dia mengharapkan kerjasama ini bisa terus terbina untuk masa-masa kedepan.

"Tanpa media mungkin UIR belum seperti ini. Kami sadar, lewat pemberitaan-pemberitaan UIR dikenal tak hanya dalam negeri tapi juga luar negeri. Sekali lagi, saya mengucapkan terima kasih atas sumbangsih yang diberikan rekan-rekan media," pungkasnya.

Hadir dalam acara buka bersama itu, Wakil Rektor 2 Ir H Asrol MEc, Wakil Rektor 3 Ir H Rosyadi MSi, Dekan Fakultas Psikologi Yanwar Arif M.Psi, Psikolog, Kepala Bagian Humas dan Protokoler UIR Dr Syafriadi SH MH, serta para pegiat media di Riau.(mad)