PEKANBARU--Gaungriau.com-- Pengadilan Negeri Kelas IA Pekanbaru melakukan ‎Pengembangan Sistem Peradilan Pidana Terpadu Berbasis Teknologi Informasi dan peluncuran aplikasi ICJS (Integrated Criminal Justice System), Jumat 31 Mei 2019 di Pengadilan Negeri Kelas IA Pekanbaru‎.

Launching ICJS ‎langsung dilakukan Ketua Pengadilan Negeri Kelas IA Pekanbaru Bambang Myanto, SH, MH. Dihadiri Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto, Kajari Pekanbaru, dan Kepala Rutan Pekanbaru.

Ketua PN Pekanbaru Bambang Myanto, SH, MH menjelaskan, Pengembangan Sistem Peradilan Pidana Terpadu Berbasis Teknologi Informasi dan peluncuran aplikasi ICJS (Integrated Criminal Justice System) sesuai dengan strategi nasional arahan presiden dan Menkumham ‎RI.

PN Pekanbaru menjadi salah satu daerah di Indonesia yang melakukan Pengembangan Sistim Peradilan terpadu. Tujuan aplikasi ini meningkatkan sinergitas dan dengan diluncurkan aplikasi ini sinergitas ditingkatkan lagi, pengiriman berkas dapat dilakukan dengan aplikasi ini oleh pihak polresta Pekanbaru, Kejari dan Rutan Pekanbaru.

‎"Yang lengkap aplikasinya baru yang ada di PN Pekanbaru.Dengan adanya aplikasi ICJS, nantinya setiap instansi tidak perlu lagi mengirim berkas melalui masing-masing instansi. Sehingga, nantinya dapat menghemat anggaran sampai miliaran rupiah," terang Bambang.

‎Aplikasi ICJS ini bisa dikembangkan oleh Polresta dan Polsek. Dengan adanya aplikasi ini jarak dan waktu tidak ada permasalahan‎. Sehingga, begitu diisi data oleh Polres sehingga sudah bisa dicetak di polres atau kejaksaan. Sehingga, setiap perkembangan kasus yang dalam sistem peradilan pidana terpadu dapat diketahui melalui aplikasi ICJS ini.

"Aplikasi ICJS ini juga bisa untuk mendapatkan permintaan salinan keputusan secara online dan disitu disebutkan berapa biaya sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Kemudian, sisa panjar perkara sehingga bisa diambil jarak jauh. Sehingga, tidak perlu repot-repot bolak balik ke Pengadilan.‎ Sehingga, memudahkan sinergi dengan polres dan kejaksaan," papar Bambang.

Aplikasi ICJS ini dapat dibuka di alamat ICJSpekanbaru.info.

anti ada data terdakwa, penyidik, penuntut umum, hakim panitera, putusan. Dari aplikasi ICJS disini kita dapat melihat pertukaran data surat pemberitahuan dimulainya penyidikan. Mulai dari kepolisian SPDP sp3‎, perkembangan kejaksaan negeri, dan PN sampai dengan petikan putusan. Masing sub sektor bisa memasukan datanya polres, Polsek mulai dari penetapan tersangka. Permohonan penggeledahan dan penyitaan. Dengan adanya aplikasi ICJS, setiap instansi tidak perlu lagi mengirim berkas melalui masing-masing instansi. Sehingga, dapat menghemat anggaran sampai miliaran rupiah.Selain aplikasi ICJS ini, aplikasi lainnya juga diluncurkan untuk mendapatkan salinan putusan dan pengembalian sisa panjar perkara disingkat aplikasi‎ SAPA‎. ** (rud)

.