Gaungriau.com (PEKANBARU) -- Masih tingginya minat para siswa dan orang tua dalam menyekolahkan anaknya kesekolah negeri, hendaknya bisa dijadikan 'cambuk' bagi sekolah-sekolah swasta untuk terus berbenah dalam artian terus meningkatkan kualitas dan kuantitas.

Hal itu disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Prof.Dr.Muhajir Efendi, M.A.P, Kamis 4 Juli 2019 di Pekanbaru. Dia menyebut, Sekolah swasta harus mampu memberikan atau mengajak calon siswa untuk mendaftar lebih awal, atau sekolah swasta adalah pilihan utamanya.

"Ini kan tidak, kebanyakan mereka calon siswa yang mendaftar ke Sekolah Swasta itu adalah mereka yang dinyatakan tidak lulus pada PPDB disekolah Negeri. Ini yang kedepannya harus terus diperbaiki oleh Sekolah-sekolah swasta, agar mereka tidak lagi menjadikan sekolah-sekolah swasta sebagai sekolah 'pelarian', daripada tidak bersekolah, lebih baik mendaftar disekolah swasta, ini yang harus dihilangkan," Ujar Muhajir yang datang ke Pekanbaru dalam rangka membuka Rakornas Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) dikampus Umri Pekanbaru.

Muhajir menegaskan, hal itu bukannay tidak bisa dilakukan oleh Sekolah-sekolah swasta, karena dapat dilihat saat ini ada begitu banyak Sekolah Swasta yang telah mampu melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia berkualitas, khususnya tamatan SMK.

Karena itulah menurutnya, dalam mendirikan sekolah, investornya diharapkan benar-benar mapan dan matang, sehingga jika sekolah tersebut telah beroperasi, ada nilai lebih atau sesuatu yang diunggulkan oleh pihak sekolah, sehingga akan mampu bertahan.

"Jangan main-main dalam mendirikan sekolah, karena ini menyangkut penyiapan SDM Riau berkualitas. Jangan sampai macet ditengah jalan, atau bahkan tutup," pungkasnya. (mad)