Gaungriau.com (Tandun) -- Tak henti-hentinya TNI turun ke desa untuk sosialisasi bahaya Karlahut. Babinsa Koramil 10 / KDS Peltu M. Sitepu Melakukan kegiatan patroli karhutla dari Desa ke Desa dikecamatan Bonai Darussalam.

Peltu M sitepu memberikan pengarahan tentang karlahut, agar tidak membuka lahan dengan cara di bakar.

Beliau menghimbau kepada masyarakat yang ada di wilayah tempat patroli dilaksanakan dapat memberikan informasi tentang ada kejanggalan orang yang tidak dikenal masuk ke wilayah ini dan melaporkan kepada Aparat yang ada

Lanjut Peltu M sitepu memerangi karlahut ini tidak hanya menjadi tanggung jawab pihak pemerintah, Polri dan TNI, namun menjadi tanggung jawab kita bersama. Apa lagi, kepada masyarakat agar tak lagi melakukan kebiasaan dalam membuka lahan, melakukan pembakaran.

"Karena, sanksi dari pelaku karlahut ini amat berat, penegakkan hukum mesti dilakukan agar tragedi kabut asap ini tak lagi menghantui kita semua," tegasnya.

Dan harapan masyarakat kegiatan patroli ini selalu terlaksana bersama masyarakat dan TNI, khususnya dengan para babinsa wilayah binaan tutur dari salah satu masyarakat.**(rls)