• Wakil kesiswaan SMAN1 Rambah, Kisman

Gaungriau.com (PASIR PENGARAYAN) -- Memasuki tahun ajaran baru 2019/ 2020 Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Rambah) Kecamatan Rambah, menerapkan tiga jalur yang harus dipenuhi oleh para calon siswa baru.

Itu sebagai langkah dari pihak sekolah untuk mempertahankan kualitas pendidikan di Rohul, sebagai sekolah yang paling tertua dan banyak diminati oleh siswa baru.

Sampai hari kedua pembukaan pendaftaran penerimaan siswa baru tahun ajaran 2019/ 2020 untuk SMAN 1 Rambah, sudah 241 siswa yang sudah mendaftar, dari kuota penerimaan siswa sebanyak 288 siswa dengan 9 ruangan belajar (Rombel) baik lulusan SMP maupun MTS sederajat.

Diakui Kepala Sekolah SMAN 1 Rambah, Alipullsh melalui Wakil kesiswaan SMAN1 Rambah, Kisman Selasa 2 Juli 2019, untuk tahun ajaran baru 2019 penerimaan siswa baru pihaknya menerapkan tiga jalur yang harus dipenuhi oleh siswa baru, pertama jalur Zonasi yang dibuktikan dengan foto copy KK terdiri di tujuh desa dan satu kelurahan se kecamatan Rambah.

"Kedua, jalur prestasi yang dibuktikan dengan piagam prestasi saat melakukan proses belajar di sekolah sebelumnya, selajutnya dibuktikan dengan surat pindah tugas orang tua baik PNS, TNI, Polri dan BUMN sementara untuk persyaratan lainnya dibuktikan dengan hasil kelulusan dari sekolah sebelumnya," kata Kisman.

Dihari kedua pebdaftaran baru 241 siswa, namun kebutuhan kita sebanyak 288 siswa, meski masih kekurangan pihaknya optimis kekurangan tersebut akan terpenuhi karena masih ada waktu satu hari lagi penemrimaan pendaftaran " ucapnya.

Dilain tempat, Wakil Kesiswaan Sekolah Menengah Kejuruan SMKN 1 Rmbah , Lilik Pujirahayu mengatakan, tahun ajaran baru 2019 kita menerima siswa baru sebanyak 396 siswa terdiri 11 lokal sedangkan untuk pendaftar di hari kedua sudah mencapai 413 siswa.

"Persyaratan utama yang harus dipenuhi oleh calon siswa baru kita yaitu foto copy nilai hasil Ujian Nasional (UN) sedangkan persyaratan lainnya bisa menyusul untuk kelengkapannya " tutur Lilik.

Sampai saat ini sekolah kami sudah memiliki 9 jurusan namun pendaftar yang mendaftar banyak dibidang jurusan teknik komputer dan jaringan (TKJ) dan SMKN 1 kita juga saat ini sudah memiliki jurusan baru bidang Agro Bisnis Tanaman Perkebunan," terangnya.

Salah satu calon siswa baru yang mendaftar di SMKN 1 Rambah, Nurhafifah Zahri mengungkapkan, memilih mendaftar di SMK karena sudah memiliki jurusan, dan saya sendiri memilih jurusan TKJ.**(lim)