Gaungriau.com (PASIR PENGARAYAN) -- Pemerintah‎ Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) ajukan 250 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), serta pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) 2019 ke Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) RI.

Dijelelaskan Plt Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Rohul H. Helfiskar SH, MH, ada 250 formasi CPNS 2019 yang diajukan ke Kemenpan RB dibagi dua, yakni CPNS Umum serta PPPK.

Sebut Helfiskar, sepantasnya Kabupaten Rohul mendapatkan kuota CPNS setiap tahun, karena ada sekitar 100 sampai 120 PNS yang pensiun per tahunnya, iti didominasi tenaga pendidik atau guru.

"Menambah atau berkurang merupakan kewenangan Menpan nanti. Kita ajukan dulu, diterima atau tidak akan ada surat pemberitahuan nantinya,"kata Helfiskar, didampingi Kabid Kepegawaian BKPP Rohul Heni Widiastuti, Rabu 3 Juli 2019.

Ditambahkan Heni, komposisi 250 formasi CPNS dan PPPK yang diajukan, sebagian besar yakni tenaga pendidik, tenaga kesehatan dan tenaga teknis. Sedangkan formasi PPPK, khusus untuk tenaga pendidik dan tenaga kesehatan.

"Secara email sudah diajukan, cuma kita mau konfirmasi ulang dan langsung ke Kemenpan nanti," kata Heni.

Juga diakui Heni, formasi diajukan tahun ini lebih sedikit dibandingkan 2018 sebanyak 278‎, dan kuota yang terisi atau yang telah memenuhi passing grade 275 formasi.

"Jumlah itu belum fix 250 formasi, bisa saja kurang atau bertambah, kan tergantung APBD," jelas Heni.**(lim)