• Rektor UIR Prof Syafrinaldi bersama Admiral, Moris Adidi Yogia dan Rahdiansyah dalam program Visiting Profesor and Fellow di Jerman.

Gaungriau.com (PEKANBARU) -- Bersama Tiga orang Dosen, Rektor Universitas Islam Riau (UIR) Prof. Dr. H. Syafrinaldi, SH, MCL mengikuti program Visiting Professor and Fellow untuk mengembangkan potensi akademik dalam rangka mendukung pelaksanaan Catur Dharma Perguruan Tinggi di Jerman.

Tiga Dosen tersebut adalah, Dr. Admiral, SH, MH, Dr. H. Moris Adidi Yogia, M.Si dan Rahdiansyah, SH, MH.

Kegiatan yang berlangsung selama 10 hari, dari 20 hingga 30 Juni 2019 di University der Bundeswehr Munchen Jerman tersebut berjalan sukses.

Menurut penuturan Adniral, rombongan UIR disambut langsung oleh Guru Besar Universitat der Bundeswehr Prof. Dr. Jur. Stefan Koos setibanya di Bandara Internasional Munchen pada tanggal 20 Juni 2019

Prof Syafrinaldi selaku Ketua Tim beserta rombongan kemudian dijamu dengan Welcome Lunch oleh Prof. Dr. Stefan Koos beserta keluarga di salah satu taman di kawasan Michelibad - Munchen, sekaligus keesokan malamnya dijamu kembali makan malam di kediaman Prof. Dr. Jur. Stefan Koos yang tidak jauh dari lingkungan kampus.

Official meeting dan conference dalam kaitannya dengan program Visiting Professor and Fellow ini dilakukan di kampus Universitat der Bundeshwehr. Di kampus ini Prof. Syafrinaldi beserta rombongan seakan diajak mengenang kembali masa-masa ketika Rektor UIR tersebut menyelesaikan pendidikan S3 nya di Universitas der Bundeswehr

Selama pelaksanaan program Visiting Professor and Fellow, Prof. Syafrinaldi, beserta rombongan, juga menyempatkan diri melakukan kunjungan ke Amsterdam (Belanda), Parlemen Eropa di Brussels (Belgia), Salzburg (Austria) serta juga bersilaturahmi ke Prof. Dr. Rupert Stedner di Dachau - Jerman. Prof. Dr. Rupert Stedner merupakan salah satu pembimbing disertasi Prof Syafrinaldi, di Dachau - Jerman.

Di Dachau, Prof Syafrinaldi, dan rombongan dijemput langsung di stasiun oleh Prof. Dr. Rupert Stedner dan dijamu dengan penuh keakraban layaknya sebuah keluarga oleh Prof. Dr. Rupert Stedner beserta keluarga

"Selain berkunjung ke beberapa tempat sebagaimana disebutkan di atas, Prof Syafrinaldi, beserta rombongan berkesempatan melakukan kunjungan ke Federal Paten Court. Disini Rektor UIR dan rombongan disambut langsung oleh salah satu Hakim Pengadilan Paten dan diajak berdialog tentang perlindungan paten dan penyelesaian sengketa paten yang diajukan ke pengadilan,'' papar Admiral.

Rombongan juga diajak melihat ruang pengadilan yang berkonsep e-court juga perpustakaan yang dilengkapi berbagai referensi seputar perlindungan paten dan merek, ujar Admiral seperti disampaikan kepada Kabag Humas UIR Syafriadi di Kampus UIR Pekanbaru, Jumat sore 5 Juli 2019.

Dia juga mengatakan bahwa kunjungan kali ini bukan yang pertama tapi sudah yang kesekian kali dengan tujuan membuka cakrawala dan pengalaman kawan -kawan khususnya dosen yang mengikuti program Visiting Professor and Fellow.

Admiral, Moris Adidi Yogia dan Rahdiansyah, secara hampir bersamaan menyatakan kesannya yang amat mendalam atas pelaksanaan program ini. Ia berharap, di.lain waktu dosen-dosen lain juga diberi kesemlatan mengikuti program serupa.**(rls)