• Sekdaprov Riau Ahamd Hijazi saat memasang tanda peserta Diklat

Gaungriau.com (PEKANBARU) -- Pejabat eselon III dan IV dalam struktural di struktur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sangat penting, terutama dalam menyusun dan melaksanakan berbagai program kerja. Kemampuan kepemimpinan yang baik dan profesional sangat dibutuhkan.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Riau H. Ahmad Hijazi mewakili Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi saat membuka Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat IV dilingkungan Pemerintah Provinsi Riau, di Balai Tuah Karya Abdi Negara, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM ) Provinsi Riau, Selasa 9 Juli 2019.

Dikatakan, Diklatpim IV ini diharapkan mampu membentuk sosok pemimpin birokrasi yang memiliki kapasitas dan berkualitas yang mampu menyusun dan menjabarkan berbagai program kerja, dan mampu melaksanakannya dengan baik.

"Dapat juga melakukan penyesuain dalam menyikapi perubahan-perubahan aturan secara nasional, sehingga mampu dilaksanakan dengan baik didaerah, khususnya di OPD tempat peserta bertugas," jelas Hijazi.

Lebih lanjut dikatakan, Pejabat struktural eselon IV memiliki peranan penting salam menyusun berbagai program kerja, karena itu membutuhkan keterampilan secara teknik dan mampu merancang program kerja tersebut.

"Outputnya adalah efektifitas dan efisiensi, bagaimana setiap peserta memiliki orientasi untuk menjadi pemimpin yang efektif dalam menyukapi perubahan, dan berhasil melaksanakan dengan baik tugas sebagai seorang pemimpin," pungkasnya.

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPSDM Riau H. Joni Irwan mengatakan, bahwa kegiatan memantapkan sikap dan pengabdian dalam melaksanakan tugas dan fungsi pejabat di instansi masing-masing secara profesional.

Diklatpim tingkat IV tahun 2019 ini diikuti 30 peserta yang merupakan utusan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Provinsi Riau.

"Kegiatan ini akan berlangsung hingga 28 Oktober 2019 mendatang. Untuk instruktur merupkan Widyaiswara dari BPSDM Provinsi Riau," ungkapnya.**(mad)