Gaungriau.com (UJUNG BATU) -- Komitmennya untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan di SMPN 3 Ujung Batu sudah terbukti. Hal itu dapat dilihat dengan jelas, dari sebelumnya sekolah SMPN 3 ini mendapat Akreditasi C, sekarang sudah Akreditasi A.

Berbagai program yang digalakkan kepala Sekolah SMPN 3, Yeni Irmawati MPd, antara lain program Akademik, pelajaran kurikulum 2013, penggunaan buku penunjang (LKS), kegiatan ekstrakurikuler yang ada disekolah Pramuka kegiatan wajib K-13, PMR, olahraga, kesenian, Rohis, pembinaan olimpiade, pembinaan O2SN dan FLS2N, pembinaan Gala Siswa Indonesia (GSI).

Untuk mendukung kegiatan program tersebut diakui Yeni, sekolah melakukan pengutipan diawal tahun ajaran. Tapi karena tahun ajaran 2018/2019 yang mengambil rapor akhir tahun adalah siswa, maka terjadi miskomunikasi.

"Karenanya pada hari ini Selasa 9 Juli 2019, kita adakan rapat komite dengan orang tua murid kelas VIII - IX, untuk meluruskan hal tersebut, ucap Yeni.
Dari 200 san undangan yang kita layangkan, hadir orangtua murid 126 orang dan dihadiri 8 orang anggota komite sekolah," kata Dia.

Dipaparkan Yeni lagi, jumlah siswa seluruh kelas VII, VIII, IX sebanyak 310 orang. Sementara kegiatan siswa kelas IX berkaitan juga dengan persiapan UNBK orang tua diminta untuk mengusahakan agar anaknya memiliki lattop.
Lanjut Yeni, memaparkan jumlan guru di SMPN 3, PNS 14 orang, GB dan GTT 6 orang, Komite 4 orang, TU PNS 1 orang, karyawan TU 6 orang.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua komite SMPN 3 Ujung Batu, Tumiran mengakui bahwa program yang dilaksanakan disekolah adalah merupakan program lanjutan dari tahun tahun sebelumnya. "Kita mengharapkan bantuan dan partisipasi dari orangtua untuk kesinambungan dan kemajuan kualitas pendidikan sekolah," ungkap Tumiran dalam notulen rapat dalam komite.

Penjelasan yang tegas juga disampaikan wakil ketua komite SMPN 3, bahwa tidak ada Pungutan Liar (Pungli) disekolah, karena penggunaannya sangat jelas dan setiap anak yang membayar diberikan kwitansi tanda terima bukti pembayaran.

"Kita juga minta kepada wali siswa yang lain untuk tidak memprovokasi dan hendaknya lebih bijak dalam menyikapi demi kemajuan sekolah kedepan," sebutnya.

Pada rapat komite tersebut, wali siswa menerima dan memahami apa yang disampaikan oleh pihak sekolah dan komite menyetujui program yang disampaikan pihak sekolah.**(lim)