Gaungriau.com (PEKANBARU) -- Sejak Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru diresmikan. Berbagai tamu sudah berdatangan untuk melihat langsung bangunan dan cara kerja pusat palayanan tersebut.

Seperti hari ini Selasa 23 Juli 2019, Staf Ahli Wakil Ketua DPR RI yang membawahi Akuntabilitas Keuangan Negara, BUMN dan Kerjasama Antar Lembaga Nono Adial Supriatno, turut mengunjungi MPP Pekanbaru.

Dalam kunjungan, Nono mengungkapkan jika pelayanan dan penerapan nomor antrian online yang diberikan petugas di MPP Pekanbaru sudah sangat bagus.

"Antrian online di MPP Pekanbaru sangat bagus yakni memudahkan masyarakat yang ingin mengurus berbagai perizinan. Jadi masyarakat tidak susah berurusan karena bisa mendaftar secara online," ungkapnya.

Menurut Nono, tujuan peninjauan yang dilakukan pihaknya ke MPP Pekanbaru adalah dalam rangka mencari informasi seputar inovasi yang di lakukan pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan yang mudah dan cepat kepada masyarakat.

"Dari hasil peninjauan yang sudah kita lihat tadi, diketahui sistem pelayanan yang diberikan kepada masyarakat sudah sangat bagus. Bahkan beberapa masyarakat yang saya tanya mengatakan jika pelayanan sangat bagus dan mereka sangat puas. Dimana, mereka tidak sulit untuk mendapatkan akses dan informasi yang banyak. Juga satu kali datang (ke MPP), masyarakat dapat banyak informasi bukan hanya pelayanan publik, tapi juga SIM, pajak bangunan dan segala macam," ucapnya.

Lebih jauh disampaikan Nono, kunjungan ke Mal Pelayanan Publik itu tak hanya dilakukan di Pekanbaru saja. Akan tetapi, juga dilakukan hampir di seluruh kabupaten/kota di Indonesia yang juga telah mengoperasikan MPP serupa.

"Kami ada dua tim dan dari bulan kemarin sudah datang ke beberapa provinsi untuk mencari informasi tentang pelayanan publik sesuai arahan wakil ketua. Dari hasil kunjungan, masih banyak yang belum maksimal, karena ego sektoral masing-masing instansi. Tapi di Pekanbaru sudah sangat bagus," tutupnya.

Kedatangan rombongan Staf Ahli Wakil Ketua DPR RI yang membawahi Akuntabilitas Keuangan Negara, BUMN dan Kerjasama Antar Lembaga ke MPP Pekanbaru terlihat disambut Kepala Bidang Pengaduan, Kebijakan dan Pelaporan Pelayanan DPM PTSP Pekanbaru Quarte Rudianto didampingi Kepala Bidang Pengendalian Pelaksanaan, Pengolahan Data dan Informasi Rudi Juliandi.**(saf)