• Dasiman

Gaungriau.com (SIAK) -- Bekerjasama dengan Depatemen Perdagangan RI, Pemkab Siak melalui Dinas Perdagangan menggelar pelatihan kepada para pedagang yang ada di POasar Belantik, Kabupaten Siak, Kamis 25 Juli 2019.

Semua ini dilakukan dalam rangka menata pedagang yang berjualan di los-los Pasar Belantik agar dapat tertata dengan baik. Hal ini disampaikan Staf Departemen Perdagangan RI, Shanti Diyah Ayu Anggraini pada kegiatan sekolah pasar yang digelar di ruang aula pertemuan Pasar Belantik, Kamis kemarin.

Shanti mengatakan, didikan atau edukasi yang diberikan kepada para pedagang pasar Belantik ini bertujuan untuk memberi pemahaman dan tata cara bagi para pedagang bagaimana cara mengelola kios jualan dengan baik dan bisa meningkatkan minat para pembeli.

"Kegiatan ini merupakan salah satu upaya dari Pemerintah untuk membina dan memberi tunjuk ajar kepada para pedagang yang bisa meraih hasil jualan yang lebih, serta mampu menjaga kebersihan serta bisa menata barang-barang dengan baik supaya selalu terlihat asri oleh konsumen," ucap Shanti.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Siak, H Wan Ibrahim Surji melalui Kepala Pasar Dasiman menyebutkan, kegiatan sekolah pasar ini dilaksanakan agar para pedagang yang mangkal di pasar Belantik dapat memanfaatkan kesempatan yang baik dalam menyajikan pelayanan sebagai pemberi pelayanan kepada konsumen.

"Pasar the best dan Adipura sebagai kota kecil terbersih sudah kita raih, tinggal sekarang ini Dinas perdagangan berupaya untuk meraih Standard Nasional Indonesia (SNI) yang sedangkan kita upayakan. Oleh sebab itu, oelatihan yang telah diberikan oleh narasumber kepada para pedagang kita berharap ada terjadi peningkatan terhadap cara menarik minat pembeli nantinya, khususnya dalam menata dagangan agar lebih baik," ujarnya.

Maka dari itu, kata dia lagi, lewat sentuhan sekolah atau didikan yang diberikan pihak kemetenterian perdagangan ini, seluruh pedagang pasar Belantik dapat betul memahami bagaimana cara strategis dalam berjualan serta cara menata dengan isi yang ada dalam kios.**(jas)