Gaungriau.com (DUMAI) -- Hujan yang mengguyurKota Dumai Selasa 27 Agustus 2019 dini hari membuat kondisi cuaca di wilayah Bukit Kapur cerah dan dingin tanpa asap imbas kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Alhamdulilah, hujan turun. Semoga asap kebakaran hutan hilang dari Kecamatan Bukit Kapur dan Kota Dumai," kata Jefri warga kelurahan Kampung Baru.

Meski hujan berlangsung singkat , namun warga sangat gembira menyaksikan air dari langit turun dengan derasnya

Hal yang sama juga diungkapkan Mislan, warga lainnya yang mengaku sangat menanti hujan karena membuat udara buruk akibatkebakaran hutandan lahan di Riau, sementara air sumur rumah sudah kering karena memasuki musim kemarau.

"Mudah-mudahan hujan ini bertanda baik dan menghilangkan kabut asap serta mendatangkan kembali air sumur yang sudah kering," katanya.

Warga juga berharap musim kemarau panjang yang sudah melanda daerah ini dalam dua bulan belakangan, dapat segera berakhir.

"Kita harapkan juga kebakaran lahan bisa padam dengan turunnya hujan yang hampir merata di semua wilayah Dumai," ujarnya.

Disamping itu camat Bukit Kapur Bustamam mengajak masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan membakar, apa lagi kondisi lahan merupakan gambut mudah terbakar tapi sulit untuk di padamkan.

"Jangan karena mau kebun bersih dari ilalang maupun membuka lahan dengan instan , berujung di hukum. Untuk itu bukalah lahan sesuai pr sedural yang tidak menimbulkan kebakaran dan merugikan banyak pihak," ujarnya.**(sar)