Gaungriau.com (SIAK) -- Jumlah etape Tour de Siak 2019 sudah berkurang satu, pasalnya untuketape 3 dengan rute Siak Dayun Gasibdibatalkan oleh panitia dikarenakan kondisi kabut asapyang semakin memburuk.

Pembatalan untuk etape 3ini setelah para pembalap berjumlah 53 peserta dari 11 Timdilepaskan oleh Bupati SiakDrs H Fedri MSi didampingi oleh Sekda Siak Drs HTS Hamzah dan Wakapolres Siak sekira pukul 9.00 pagi.

Pihak panitia Tour de SiakmelaluiRisdirekterSondi Purnomo kepada awak media menerangkan bahwa dibatalkannya etape 3 ini dikarenakan kondisi cuaca yang semakin memburuk yang bisa berimbas terhadap kesehatan peserta.

"Melihat situasi dan kondisi kabut asap yang semakin tidak bersahabat, dan dari situlah alasan utamakami dari pihak panitia pelaksana mengambil keputusan dengan membatalkanetape yang ke -3 ini," tegas Sondi, Sabtu 21 September 2019.

Sondi menyebutkan pembatalan etape 3 ini memang dilakukan setelah peserta dilepas oleh Bupati Siak, baru sekitar 20 Kilometer peserta menjalani lomba, panitia memutuskan untuk memberhentikan, karena memang kabut asap yang semakin parah, sehingga kalau ini dilanjutkan, panitia mengkhawatirkan kesehatan peserta akan terganggu.

"Seluruh pembalap kita arahkan untuk balek arah kembali ke garis star, pembatalan etape 3 ini murni keputusan final dari panitia, bukan atas dasar permintaan peserta," jelas Sondi.

Ketika disinggung apakah untuk etape ke -4 Siak Cityapakah terus dilanjutkan , menurut dia bisa dilaksanakannya etape -4 besok pagi sangat bergantung dengan kondisi cuaca, kalau bagus akanlaksanakan, dan jika masih tebal juga kabut asap nya, mau tidak mau etape ke 4 bakal terpaksa dibatalkan juga, "yang jelas kita lihat dulu lah kondisi besok pagi," pungkasnya.**(jas)