GAUNGRIAU.COM, PEKANBARU - Dinas Kebudayaan (Disbud) Provinsi Riau, Kamis (3/10/2019) mendatang akan mengelar Peluncuran Senam Lagu Melayu.

Kegiatan ini akan berlangsung pagi hari pukul 7:30 Wib bertempat dihalaman Disbud Riau, rencananya akan dibuka lansung Plt Sekretaris daerah provinsi (Sekdaprov) Riau berserta istri.

"Kegiatan yang kita lakukan dalam rangka percepatan proses pelaksanaan peraturan Gubernur Riau Nomor 46 tahun 2018 tentang penerapan mutan budaya Melayu Riau diruang umum," kata Kepala Disbud Riau Raja Yoserizal Zen, Selasa (1/10/2019) siang di ruang kerjanya.

Kemudian, kegiatan nantinya, akan berlaku kesemua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Riau. Namun saja untuk pembukaan awal dilakukan Disbud Riau.

Sementara itu, untuk pelaksanaan nantinya, akan melibatkan semua Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkungan Disbut dan ditambah seluruh beberapa sekolah yang ada dikota Pekanbaru.

"Bukan hanya senam Melayu saja, kita juga akan memperdayakan 17 item terdiri dari, bahasa melayu, penamaan gedung atau objek lainnya, pakaian secara baik dan benar, ornamen seni bina, makanan, supernir, harian seni rupa, pelambangan, lagu, musik, adab, pantun, syair, tarian persembahan, umbul-umbul atau tonggol serta arab melayu dalam rangka pencapaian Visi Misi Riau sesuai dengan Peraturan daerah (Perda) Nomor 36 tahun 2021 terwujudnya Provinsi Riau sebagai pusat perekonomian dan kebudaya melayu dalam lingkungan masyarakat agamis sejahtera lahir dan batin di Asia Tenggara tahun 2020 serta visi misi kepala daerah pada poin ke 4 menjadikan budaya melayu payung negeri," ucap Yoserizal.

Selanjutnya niat ini juga diharapkan dapat dukungan dari komponen pemangku kepentingan dari seluruh jajaran dan pergub ini akan diupayakan sampai ke kabupaten kota seluruh provinsi Riau. (sir/rls)