• Foto bersama


Bagansiapiapi (gaungriau.com) - Keberadaan organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) sangat penting untuk menjamin bahwa wartawan yang berada di bawah naungan PWI adalah wartawan yang profesional.

Sehingga wartawan yang tergabung dengan wadah organisasi PWI benar-benar wartawan berkompeten dan profesional serta dilindungi oleh undang-undang dan dewan pers.

Hal itu disampaikan Bupati Rokan Hilir (Rohil) Suyatno melalui Assisten III Administrasi Umum Setdakab Rohil Drs Suandi saat menyampaikan sambutan pada acara pembukaan Konferensi VI PWI Kabupaten Rohil di Ballroom lantai 5 Hotel Lion Bagansiapiapi, Kamis (24/10/2019).

Acara pembukaan dihadiri Sekretaris PWI Riau Amril Jambak, Wakil Ketua Seksi Organisasi PWI Riau Bambang Irawan Syahputra, Wakil Ketua Seksi Kehutanan dan Lingkungan Hidup Zulmiron, Wakil Ketua Seksi Sosial, Politik dan Pemerintahan Elfi Alkhairi serta seluruh anggota peserta konferensi.

Dikatakannya, kehadiran PWI hendaknya mengambil peran dalam memberikan edukasi serta pembinaan kepada wartawan. Sehingg wartawan memahami tentang aturan Undang-Undang Pers dan Kode Etik Jurnalistik untuk kemudian menyuguhkan serta menyajikan informasi yang cerdas, berisi dan mendidik.

"Kami ingin mengajak seluruh insan pers yang berada di Kabupaten Rokan Hilir agar senantiasa memupuk kesadaran dan komitmen serta berperan serta dalam pembangunan. Yang paling penting, wartawan yang ada di kabupaten berjuluk Seribu Kubah ini dapat meningkatkan ketaatan pada kode etik jurnalistik demi citra, kredibilitas dan integritas wartawan dan PWI," ajak Bupati seraya berharap dengan adanya konferensi VI PWI Kabupaten Rohil ini dapat membawa misi dan tujuan yang mulia demi terwujudnya kehidupan pers yang merdeka, profesional, bermartabat dan beradab serta terpenuhinya hak publik memperoleh informasi yang tepat, akurat dan benar.

"Mengingat organisasi PWI merupakan salah satu sarana penyampai informasi, baik dari pemerintah ke masyarakat maupun sebaliknya di era transformasi media saat ini, eksistensi PWI Rohil harus kita upayakan sebagai perekat dan pemersatu insan pers. Mengingat media atau insan pers merupakan mitra pemerintah dalam membangun Kabupaten Rohil," katanya.

Bupati juga menyampaikan, pers adalah kekuatan pilar keempat yang dapat membangun bangsa dan menyuarakan kepentingan rakyat. Karena itu, peran wartawan sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan pembangunan, khususnya di Kabupaten Rohil. Terutama perannya dalam membangun bangsa melalui pemberitaan pembangunan yang bersinergi dengan pemerintah.

"Sumbang saran dari para tokoh dan insan pers terhadap kebijakan pemerintah daerah dinilai sangat berharga untuk modal pembangunan," katanya seraya mengucapkan selamat atas pelaksanaan konferensi VI PWI Rohil. Semoga berjalan lancar dan sukses serta menghasilkan kepengurusan yang baik dan bersinergi dengan pemerintah dalam upaya mengisi pembangunan secara maksimal.

"Saya pribadi atas nama Pemerintah Kabupaten Rohil akan segera menyiapkan kantor untuk PWI Rohil. Kantor yang kita siapkan yakni eks rumah dinas Kejaksaan Negeri yang berada di depan Kantor Bank Riau Kepri. Nanti pakailah rumah dinas itu untuk berkantornya kawan-kawan wartawan ysng berada di bawah naungan organisasi PWI," ujar Bupati.

Sementara, Ketua PWI Riau melalui Sekretaris PWI Riau Amril Jambak menyampaikan, konferensi ini merupakan ajang silaturahmi antar sesama wartawan anggota PWI Rohil.

"Kepada seluruh kawan-kawan peserta konferensi, kami berharap dapat mematuhi PDPRT PWI. Karena PDPRT merupakan roh nya organisasi PWI," pesan Amril.(rls)