Gaungriau.com (SIAK) --Peringatan Hari Anak Nasional ini menjadi wujud komitmen bersama dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh kembang dan berpartisipasi secara wajar serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Ucapan tersebut disampaikan oleh Bupati Siak Drs H Alfedri , M.Si Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2019 tingkat kabupaten Siak berlangsung semarak. Dimulai dengan senam perlindungan dan pemenuhan hak anak, gosokgigi dan minum susu bersamaanak-anak TK, Selasa 29 Oktober 2019.

Bupati Siak bersama istri dan unsur Forkopimda tampak semangat mengikuti gerakan-gerakan senam yang dipimpin oleh Forum anak Kabupaten Siak. Kemudian dilanjutkan dengan sikatgigi bersama ikatan dokter gigi Kabupaten Siak.

Bupati Alfedri dalam sambutannya mengatakan, peringatan hari anak nasional juga menjadi wujud komitmen bersama dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh kembang dan berpartisipasi secara wajar serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Saat ini lanjut dia, Kabupaten Siak sudah memperoleh predikat Kabupaten Layak Anak kategori Nindya. Hal ini di dukung oleh beberapa faktor, seperti ruang terbuka bagi anak, fasilitas kesehatan dan pendidikan ramah anak, dan terbentuknya Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI).

Ketua Panitia pelaksana HAN DrsH Darussalim menyebutkan, peringatan hari anak nasional di Kabupaten Siak melibatkan2000 siswa dan siswi tingkat taman kanak-kanak, SD, SMP, SMK se Kabupaten Siak dan forum anak. Dimana sebelum puncak peringatan hari anak nasional telah dilakukan pembinaan dan penilaian forum anak ditingkat Kecamatan se Kabupaten Siak.

"Dengan kegiatan inidiharapkan bisa menumbuhkan kepedulian, kesadaran dan peran aktif masyarakat, lembaga pendidikan serta dunia usaha dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak," sebut Darusalim.

Dikesempatan itu Bupati Siak, didampingi unsur Forkopimdame-launcing masjid layak anak, kampung layak anak dan Kampung PATBM serta penyerahan sertifikat dari Kemensos tentang akreditasi lembaga kesejahteraan sosial anak (LKSA) KabupatenSiak.
Diantaranya kepada LKSA Muhammadiyah Tualang, LKSA Fajar Amanah Tualang, LKSA Assidiqiyah Siak dan LKSA Fadillah Kec Minas. Serta dilakukan penyerahan piagam Bupati Siak Daffa Award kepada forum anak Kec Minas, Sabak Auh dan Sungai Apit.**(Jas)