Gaungriau.com (PEKANBARU) -- Pekan Raya Biologi adalah salah satu program kerja dari Himaprodi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau yang dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan mutu pendidikan dan mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas menuju Indonesia Emas.

Ketua Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau, Dr. Hj. Evi Suryawati, M.Pd menuturkan bahwa pendidikan merupakan unsur paling esensial dalam kehidupan, sehingga perlu dilakukan upaya peningkatan kualitas dan inovasi untuk terus mengembangkannya agar mampu mencapai tujuan dari pembangunan Indonesia berkelanjutan.

Pekan Raya Biologi merupakan serangkaian kegiatan yang dikemas dalam suatu ajang kompetisi yang meningkatkan motivasi, edukasi dan kreatifitas generasi emas masa depan untuk menyalurkan berbagai potensi peserta didik. "Tidak hanya menuntut kemampuan kognitif peserta didik, tetapi juga aspek afektif dan psikomotor peserta didik," sebunya.

Sementara Ketua Pelaksana PRB 2020, Rehan menjelaskan, perlombaan dalam PRB yang dapat diikuti oleh siswa dari Riau dan Kepri, yaitu Uji Kompetensi Terulis (SMP & SMA), Uji Kompetensi Laboratorium (SMP & SMA), Cepat Tepat (SMP & SMA), Bio Expo School Competition (SMP & SMA), Mading 3D (SMP & SMA), Melukis (SMP & SMA) dan Fotografi (SMP & SMA).

"Ada juga cabang perlombaan Fotografi mahasiswa dan LKTI yang dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa dari provinsi manapun. Sedangkan untuk Lomba Karya Tulis Remaja dan Poster Ilmiah diperluas cakupannya menjadi se-Sumatra," jelas Rehan, Selasa 29 Oktober 2019.

Dilanjutkannya, selain menyajikan serangkaian perlombaan yang menarik, panitia juga menyiapkan Seminar Pendidikan yang dapat dibuka oleh Dosen, Guru dan Mahasiswa dengan tema “Tantangan Pembelajara Sains dan Teknologi Sebagai Peluang untuk Mewujudkan Sumber Daya Manusia Unggul”.

Pemateri pada seminar ini adalah Prof. Dr. Anna Permanasari, M.Si selaku Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Salmiyati, M.Pd. Ph. D selaku Dosen Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan.

"Mendekati 3 bulan acara, panitia telah membuka stand pendaftaran di depan kampus Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau. Stand pendaftaran akan terus melayani calon peserta dari daerah manapun mulai tanggal 21 Oktober 2019 sampai 27 Januari 2020," tukasnya.

Pekan Raya Biologi 2020 akan dilaksanakan pada 27 Januari- 01 Februari 2020 mendatang. Rehan berharap tahun ini antusias dari peserta lebih besar daripada tahun lalu. Pekan Raya Biologi tahun lalu mencapai 1300 peserta yang terdiri dari 3 Provinsi berbeda. Tahun ini panitia berharap jumlah peserta dapat melebihi dari tahun lalu.

Untuk jenis dan ketentuan perlombaan calon peserta maupun guru pedamping dapat mengakses laman website Pekan Raya Biologi 2020 dipekanrayabiologi.wordpress.comatau dapat menghubungi panitia di nomor 0823-8621-5407 (Rehan) atau 0822-8334-6097 (Vina Anisya)

“Kita ingin berikan yang terbaik, karena ini juga membawa nama kampus khususnya Program Studi Pendidikan Biologi,” harap Rehan.

Ayo segera daftarkan diri dan sekolah kamu di Pekan Raya Biologi 2020!!
Kembangkan Potensi, Raih Prestasi!!. **(rls)