Gaungriau.com (TEMBILAHAN) -- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Indragiri Hilir melaksanakan penyuluhan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang dilaksanakan di Aula Hotel Telaga Puri. Rabu 30 Oktober 2019.

Kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada generasi muda khususnya para pelajar tentang bahaya narkoba ditinjau dari berbagai aspek. Selain itu dalam upaya mengajak generasi muda khususnya pelajar untuk berperan aktif dalam pencegahan dan pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkotika dan prekursor Narkotika (P4GN) di Kabupaten Indragiri Hilir.

Wakil Bupati Inhil H Samsudin Uti dalam sambutannya mengatakan bahwa sangat mengapresiasi dan mendorong sepenuhnya dengan kegiatan pada hari ini. Yang mana kita tahu bahwa pengendara narkoba sudah marak terjadi di Indonesia dan saat ini telah sampai pengendara narkoba.

"Pagi ini saya merasa berbangga hati dan kebesaran hati dimana dalam Pagi ini kita adakan seminar 1 hari tentang penyuluhan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba atau disebut dengan P4GN," kata SU biasa ia disapa.

Wabup Inhil mengungkapkan rusaknya masa depan generasi muda itu datangnya dari anak sekolah kita, yang mana banyak masuk merambat sampai ke sekolah. Apabila sekolah kita ini sudah termasuk dalam bagian peredaran, pemakai narkoba dan sebagai penjual dalam segal macam dan merusak bangsa ini.

Tambah Wabup lagi, dengan adanya acara ini dapat membuka membuka serta merubah mindset anak-anak kita supaya lebih maju dan bisa menjadi seorang sarjana yang baik.

"Mudah-mudahan hasil seminar hari ini yang dilaksanakan akan membuahkan hasil terhadap kemajuan generasi muda milenial pemuda zaman now dan kedepannya lebih baik. saya juga berperan tolong bantu juga para media, dikarenakan bersambung kepada anak sekolah kita ke mana-mana semua dan didengar dan dibaca kepada para orang tua dan guru," ungkapnya.

Masih menurutnya, tujuan dalam pelaksanaan ini untuk membantu dari pendidikan dan membantu pengawasan orang tua saya minta kepada para orang tua yang dilakukan hari ini juga ikut membantu memberikan pencegahan tentang pemberantasan penyalahgunaan narkoba yang membuat masa depan yang akan merusak bangsa. Karena bahaya Klaten terhadap kegiatan ini.

"Mudah-mudahan ada orang tua para dan guru juga akan menyimak dengan baik demi kemajuan dan kesuksesan pertama di Kabupaten dari kitab terlepas dari pada narkoba kita nanti ke depannya akan menjadi prestasi anak-anak yang membanggakan," tutupnya.

Selanjutnya, Ketaua pelaksanaan Drs Muhibuddin MSi, Kabid Fasilitasi, Penanganan Konflik Kesbangpol Kabupaten Inhil mengatakan bahwa pelaksanaan ini merupakan suatu keprihatinan terhadap pengendara barang-barang terlarang seperti narkoba yang marak terjadi di generasi muda saat ini.

"Diharapkan kepada seluruh peserta khususnya pelajar yang datang pada pelaksanaan ini yang mana untuk membentengi diri dari bahayanya pengendara narkoba," harapnya.

Untuk pemateri ada tiga orang yang dihadirkan oleh panitia. Yang pertama dari Polres Kanit II Sat Narkoba Aipda Karter Sianipar, S Sos, dengan tema "Konsekuensi Hukum Terhadap Penyalahgunaan Narkotika" .

Pemateri kedua yakni Dinas Kesehatan DR Dwi Lestari Wahyuni,"Peran Pelajar Terhadap Upaya Pencegahan dan Pemberantasan" dan yang terakhir dari DPC Gerakan Nasional Anti Narkoba (Granat) Kabupaten Indragiri Hilir, Titin Triana, SH,. MH, dengan tema" Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Di Kalangan Pelajar.**(rls/suf)