• Kabid Pendidikan SMP Disdik Rohul, H Khaidir SPd

Gaungriau.com (PASIR PENGARAYAN) -- Secara umum realisasi pengerjaan dana DAK, baik fisik dan non fisik untuk 38 Sekolah Menengah Pertama (SMP) se Kabupaten Rokan Hulu tuntas dikerjakan.

Hal itu diungkapkan oleh Kadisdikpora Kab Rohul, Drs H Ibnu Ulya MSi, melalui Kabid Pendidikan SMP, H Khaidir SPd, Senin 23 Desember 2019.

Dikatakan Khaidir, pengerjaan fisik DAK SMP yang dilaksanakan secara suakelola oleh Kepala Sekolah, Komite dan penitia pembangunan, hasilnya cukup memuaskan, non fisik, seperti pengadaan alat olahraga alat kesenian dan buku kesemuanya sudah terlaksana.

"Kita dari Disdikpora sudah lakukan monitoring terhadap 38 SMP se Kabupaten Rohul yang mendapat DAK, hasilnya cukup membanggakan. Kita patut apresiasi para kepala sekolah, komite dan penitia pembangunan, karena sudah tuntas melaksanakan kegiatan DAK Rohul tahun ini," ucap Khaidir.

Diakui Khaidir, bahwa para kepsek komite dan penitia pembangunan cukup bijak dalam melaksanakan pembangunan. Kendatati dana DAK belum 100 persen cair, namun mereka upayakan untang disejumlah toko bangunan yang ada dilingkungannya agar pembangunan tidak terkendala.

"Kita berharap hari ini pencairan DAK tahap ke tiga dapat ditransfer pusat, sehingga utang para kepsek ke sejumlah toko bangunan dapat diselesaikan,"ujarnya.

Dijelaskan Khaidir lagi, secara umum anggaran DAK Rohul untuk SMP, 7 Miliyar lebih.Pemamfaatan DAK dengan sistem suakelola dinilai Khaidir sangatlah eefektif. Karena disekolah, para kepsek, komite mereka yang melaksanakan kegiatan dan mereka setiap hari disekolah itu, tentu mereka mengedepankan kualitas pengerjaan pada rehap dan pembangunannya.

"Selama proses pengerjaan fisik, baik rehap sekolah, maupun dalam pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB), kita dari Dikpora rutin dan terus awasi pelaksanaan kegiatan DAK ini," tutup Khaidir.**(lim)