• Bupati Siak, Drs H Alfedri MSi

Gaungriau.com (SIAK) -- Sudah dipastikan, hari ini Jumat tanggal 15 Mei 2020 mulai diberlakukan PSBB dikabuaten Siak , bantuan paket sembako kepada masyarakat juga mulaidisalurkan hari ini.

Kepastian tersebut disampaikan oleh Bupati Siak Drs H Alfedri ,M.Si saat menjawab media ini, Kamis 14 Mei 2020.

Dikatakan Bupati Alfedri hariJumat mulai sudah mulai diterapkanbersama empat kabupaten kota lainya, yaitu kabupaten Pelalawan, Kampar, Siak, Bengkalis dankota Dumai.

Agar informasi terhadap pemberlakuan PSBB ini bisasampai kepada masyarakat hingga ke pelosok kampung, makasangat diperlukan penyampaian estapet info seperti ini harus berlanjut oleh Pemerintah kecamatan dan Pemerintah Kampung.

PelaksanaanPSBB ini menindaklanjuti dari surat keputusan Menteri kesehatan Kemenkes RI, ditindaklanjuti dengan payung hukum berupa Pergubdan kemudian akan kita sesuaikan denganperaturan Bupati.

Dalam hal ini jugaPemerintah Daerah telah menyurati seluruh Camat dan lurah besertapenghulu kampung untuk sosialisasikan penerapan PSBB inikepada masyarakat,seperti melalui media massa termasuk untuk publikasi melalui penyebaran informasi secara luas lewat mobil keliling ,spanduk untuk di kampung akibat pberlakuakPSBB ini ada pembatasan aktivitas masyarakat.
Secara ketentuan sudahdiatur dalam Permenkes9 2020 , dan untuk pemberlakuan pembatas aktivitasinikita juga sudah menyiapkan sembako bagi masyarakatsegera dilaksanakan penyalurannya.
"Terhadap penyaluran sembako inidirinya minta supaya ada kontrol dari masyarakat antara bantuan dari APBN dengan bantuanAPBD ,makanya kita minta seluruh kepala kampung di kelurahan dibuat daftar pasti, nama - namapenerima bantuan pangan non tunai atau bantuan sosial Kemensos, termasuk BLT nya.

"Tentang nama - nama masyarakat, di daftar penerimabisa di cek di kantor desa, dan dimintalebih di sempurnakan, sertadisampaikan sama lampirannya, ini bertujuan agar bantuan tersebut jangan terjadi tumpang tindih," Pinta Bupati .

Sementara itu PLt Dinas Sosial setempat Ir Hj Rubiati mengatakan bahwa pemberian bantuan paket sembako yang berasal dari APBD Siak berjumlah sebanyak 16850 KK.

"Paket sembako tersebut terdiri dari Besras 10 kilogram, gula 2 kilogram, minyak 3 liter dan sardin 2 kaleng,"terang Rubiati.**(infotorial /jas)