• Kepala BPBD Kabupaten Siak Syafrizal S.Sos, MSi.

Gaungriau com (SIAK) -- Untuk memenuhi kebutuhan penanganan Covid -19, Pemerintah Kabupaten melakukanPemangkasan anggaran kegiatan terhadap masing-masingOPDdilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Siak.

Semua anggaran yang dipangkas dari masing -masing OPD tersebut diperuntukan untuk penangan Covid19 , termasuk anggaran kami kata Kepala BPBD Kabupaten Siak Syafrizal S.Sos, MSisaat menjawab media ini kemarin.

Dikatakannya memang sekarang ini seluruhDaerah di Indonesia sangat membutuhkan anggaran yang lumayan besar guna memenuhi berbagai kegiatan penanaman Covid agar wabah ini tidak melebar.

"Jadi anggaran yang dipotong untuk penanganan Covid ini diambil dari berbagai kegiatan yang ada di masing -masing OPD , karena semuanya ini dilakukan oleh Pemerintah Daerah, yang sudahmengacu kepada petunjuk dan arahan berserta ketentuan yang berlaku.

Sedang anggaran untuk di Badan penanggulangan bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Siak yang dia pimpin dipangkas sebesar 4,5 Milyar dari anggaran kegiatan secara keseluruhan untuk Tahun 2020sebesar 11 Milyar.

Angka anggaran sebesar 11 Milyar tersebut bukan merupakan keseluruhan nyaitu diplotkanbukan untuk kegiatan sematayang terdapat pada APBD Tahun anggaran 2020 inidi BPBDyang dia pimpin, tapi ada item rutin lain terdapat didalamnya, termasuk anggaran gaji petugas pemadam kebakaran .

Yang namanya kebijakan Pemerintah yang sudah diarahkan sesuai dengan aturan main yang berlaku , maka setiap OPD dilingkungan Pemerintah Daerah harus ikutdan manut terhadap arahan dan keputusan Pemerintah tersebut, dan kita dari pihak B/PBD mendukung itu,"Kata kepala BPBD.**(infotorial/jas)