Gaungriau.com (SIAK) -- Pemerintah kabupatenSiak luncurkanBansos sembako kepada terdampak Covid-19, di Posko Gugus Tugas Penanganan Covid-19 (Mess Pemda), Jumat 15 Mei 2020.

Penyerahan bantuan sembako tahap awal yang jumlahnya sebanyak 4291 paket, akan disalurkan di 5 (lima) kecamatan yang diantaranya Bungaraya, Sungai Apit, Sabak Auh, Pusako, Bungaraya dan Koto Gasib.

Peluncuran Pendistribusian Bantuan Sosial Sembako tersebut dilakukan langsung Bupati Siak Alfedri, di dampingi Ketua DPRD Siak Hasmi, Kapolres Siak Doddy, Penjabat Sekda Jamaludin, Para Asiten, Pimpinan Bank Riau Kepri, Forkopimda, serta Pimpinan OPD terkait.

Dalam arahannya Bupati Siak Alfedri magatakan, Akibat dari Covid-19 ini banyak berdampak bagi sisi kehidupan juga perekonomian masyarakat. sehingga pemerintah pusat maupun daerah memprogramkan BLT termasuk Kabupaten Siak.

"Dari pemerintah pusat ada BLT kemensos, BLT dana desa dan bantuan pangan non tunai (BSP), di dalam ini ada penerima PKH. Khusus untuk BLT Kemensos sudah disalurkan pada kamis 14 mei 2020 lalu di kecamatan lubuk dalam, dan insyaallah sabtu besok di kecamatan koto gasib. Selanjutnya senin di mempura, dan terus berlanjut di kecamatan-kecamatan lainnya," katanya.

Kemudian untuk BLT dana kampung juga sedang berlangsung di beberapa kampung dan kecamatan yang ada di kab siak, ditargetkan sampai tanggal 20 mei 2020 ini ada 45 kampung yang akan diserahkan blt dana kampung. Untuk BLT kemensos besaran dananya Rp.600 ribu /bulan selama 3 bulan, begitu juga untuk BLT dana desa juga Rp.600 ribu/3 bulan.

Lebih lanjut Bupati Alfedri menjelaskan, Pemeritah Daerah Kabupaten Siak memprogramkan APBD penyerahan bansos sembako, Jumlah keseluruhan penerimaan manfaat dari bansos sembako ini adalah 16.850 KK, dan isi dari paket satu sembako ini adalah 10 kilo beras, 3 liter minyak goreng, 2 kilo gula, dan 2 kaleng sarden.

"Kita mulai penyerahan sembako tahap awal ini di lima kecamatan, mudah-mudahan berlanjut ke kecamatan lain. Insyaallah kalau memang 5 kecamatan 1 hari, dan nanti terakhir penyerahan di kecamatan tualang, kita berharap ini akan selesai selama 4 hari jadi ini selesai semua sebelum hari raya idul fitri," sebutnya.

Dalam kesempatan ini, Pimpinan Bank Riau Kepri menyerahkan kepada Bupati Siak Alfedri bantuan berupa Alat Perlindung Diri (APD), dan Bantuan Aksi Peduli Pegawai Bank Riau Kepri Cabang Siak untuk Gugus Tugas Covid-19 sebesar Rp.20 juta rupiah.

Selanjutnya juga, Bupati Siak Alfedri, Ketua DPRD Siak HAzmi, Kapolres Siak, dan Kejari, menyerahkan secara simbolis kepada penerima Kartu Keluarga Sejahtera khusus bantuan Covid-19 dari Kementerian Sosial, untuk Kabupaten Siak sebanyak 5.966 KK dengan nilai Rp 200 ribu selama sembilan bulan.**(Infotorial /jas)