• Kades Ujung Batu Timur, Harde Yanto, serahkan secara simbolis BLT Covid-19 yang bersumber dari Dana Desa Ujung Batu Timur.

Gaungriau.com (UJUNG BATU) -- Setelah melakukan verifikasi dan validasi data penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) covid-19, yang bersumber dari Dana Desa (DD), akhirnya 165 KK waraga desa Ujung Batu Timur terima BLT tahap satu.

Demikian diungkapkan oleh Kades Ujung Batu Timur, Kecamatan Ujung Batu, Kabupaten Rohul (Riau), Harde Yanto kepada gaungriau.com diruang kerjanya, Selasa 19 Mei 2020.

Hadir dalam penyerahan BLT ini, Camat Ujung Batu, Fisman Hendri S.Hut, Tenaga Ahli dari Kabupaten H Sutanto, BPD, RT, RW Kadus dan seluruh perangkat desa serta ratusan masyarakat yang terdaftar sebagai penerima.

Dikatan Harde, sebelum penyaluran BLT Covid-19 DD ini dilangsungkan, Pemdes terlebih dahulu melakukan uji publik terkait layak tidaknya nama penerima BLT yang terdata.

Metode yang diterapkan dengan mencantumkan nama seluruh penerima BLT, selanjutnya ditempel pada objek fasilitas umum. "Hal ini kita maksudkan agar pembagian BLT ini terlaksana secara transparan, dan tepat sasaran kepada masyarakat yang pantas menerimanya", ujar Harde.

Dikatakan Harde, Besaran Dana Desa Tahun 2020 yang dialokasikan untuk BLT Covid-19 secara keseluruhan sebesar 297 juta Rupiah. "Tahap pertama dilaksanakan pencairannya hari ini. Sebanyak 165 Kepala Keluarga (KK) masing masing terima RP600.000,00. Pencairan BLT berikutnya direncanakan dilakukan di bulan Mei dan Juni, menunggu pencairan DD tahap selanjutnya", sebut Harde Yanto.

Selain pembagian BLT tersebut, Pemdes Ujung Batu Timur juga menyiapkan 85 paket sembako untuk dibagikan kepada warga yang sudah terdata dan layak sebagai penerimanya.

"Selain itu, juga akan dibagikan paket sembako dari Kabupaten untuk warga yang kurang mampu di Desa Ujung Batu Timur," tutup Harde.**(lim)