Gaungriau.com (SIAK) -- Bupati Siak Alfedri meresmikan fasilitas Sumur Air Bersih (Community Based Security) di Kampung Minas Timur Kecamatan Minas, Selasa 23 Juni 2020. Fasilitas tersebut dibangun PT. Chevron Pasifik Indonesia bersama LPPM Universitas Muhammadiyah Riau, untuk membantu kebutuhan air bersih masyarakat di Kampung Minas Timur.

Bupati Siak Alfedri dalam kesempatan yang juga dihadiri oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Riau Mubarak, Asisten II Setda Kabupaten Siak Hendrisan dan sejumlah tamu undangan lainnya tersebut, memberikan apresiasi dan menyampaikan ucapan terimakasih atas fasilitasi bantuan sumur air bersih itu.

"Alhamdulillah mulai hari ini, masyarakat di Kampung Minas Timur tak lagi kesulitan mendapatkan air bersih, karena sumur air bersih bantuan PT. Chevron Pasifik Indonesia dan UMRI ini jelas akan sangat bermanfaat memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar," ucap Alfedri.

Disebutkannya, masyarakat sebelumnya memang kesulitan memperoleh air bersih didaerah tersebut, karena fasilitas air PAM saat ini baru menjangkau masyarakat yang ada di Kecamatan Tualang.

"Dulu jika telah datang musim kemarau, masyarakat Minas Timur membeli air bersih dengan menggunakan mobil tanki", jelasnya.

Selain itu bantuan sumur air bersih kata Alfedri, diakhir Bulan Juni nanti PT. Chevron Pasifik Indonesia juga akan menyalurkan bantuan berupa 500 pasang pakaian sekolah bagi para pelajar dari masyarakat Batin Sakai yang ada di Kecamatan Minas dan Kandis.

"Selaku Pemerintah Kabupaten Siak kami ucapkan terimakasih bantuan yang diberikan PT. Chevron Pasifik Indonesia. Sebelumnya juga telah diserahkan bantuan berupa 10 tempat tidur untuk rumah sakit tipe D di Kecamatan Minas, Alat Pelindung Diri bagi petugas dan tim medis, serta bantuan sembako bagi masyarakat yang terdampak Covid-19", kata Bupati Siak.

Diakhir sambutannya, Alfedri berpesan kepada masyarakat sekitar, agar sumber air bersih ini dapat dijaga dengan sebaik mungkin, agar manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat dalam jangka waktu yang lama dan berkelanjutan.

Sementara General Manager PT. Chevron Pasifik Indonesia Sukamto Tamrin diawal sambutannya mengatakan bahwa bantuan sumber air bersih ini merupakan bantuan Business Unit - Mitra antara PT. Chevron Pasifik Indonesia - LPPM Universitas Muhammadiyah Riau untuk masyarakat Kampung Minas Timur.

"Kami menggagas suatu program yang bersinergi masyarakat dan yang diperlukan oleh masyarakat, oleh karena itulah dibangun sumber air bersih ini, karena air bersih merupakan hal yang paling dibutuhkan oleh masyarakat Minas, khususnya Kampung Minas Timur", jelas Sukamto.

Untuk mencari sumber air di Minas Timur, PT. Chevron Pasifik Indonesia kata dia bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Riau yang mempunyai teknologi canggih untuk menemukan sumber air.

"Alhamdulillah ditemui sumber air bersih dikedalaman 118 meter, dengan debit air 22.000 meter kubik yang cukup untuk memenuhi kebutuhan 40 keluarga sekitar", ucap GM PT. Chevron Pasifik Indonesia itu.

Dalam program pilot project ini ucapnya, ada tiga indikator yang menjadi penentu keberhasilan Program Sumur Air Bersih, yaitu pengerjaannya selamat tanpa adanya kasus kecelakaan kerja, kedua tepat waktu pengerjaan menghadapi musim kemarau, ketiga manfaatnya diharapkan dapat mendukung pelaksanaan protokol kesehatan, yaitu selalu mencuci tangan.

"Semoga sumber air bersih ini bisa berguna bagi masyarakat sekitar, sehingga tidak akan sulit untuk mencari air bersih lagi untuk kedepannya", tutup Sukamto.**(infotorial/ jas)