• Walikota Pekanbaru Firdaus MT

Gaungriau.com (PEKANBARU) -- Akibat meningkatnya kasus wabah virus Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19 dalam dua pekan terakhir. Kembali membawa Kota Pekanbaru memasuki zona merah.

Walikota Pekanbaru, Firdaus, Rabu 24 Juni 2020, mengatakan bahwa penambahan kasus covid pada dua pekan terakhir ini menjadikan Pekanbaru kembali masuk dalam zona merah.

"Karena penambahan kasus penularan Covid-19 dari Klaster Palembang dan Klaster BRI KCP Sudirman beberapa waktu lalu, Kota Pekanbaru sekarang memasuki zona merah kembali. Tadinya kita sudah kondisi normal, sekarang kita memasuki gelombang kedua penularan virus Corona," jelasnya.

Menurut Firdaus, meskipun Pekanbaru kembali masuk zona merah. Pihaknya belum berencana melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) seperti dahulu, dan terus menerapkan Perilaku Hidup Baru (PHB). Hal ini dikarenakan, PHB lebih memungkinkan untuk menjaga kesehatan masyarakat sekaligus menjaga roda perekonomian masyarakat tetap bergerak.

"Kita tetap PHB. Karena dengan tatanan hidup baru ini ada dua misi yang bisa kita jalankan. Yaitu untuk menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat dengan protokol kesehatan, dan misi kedua untuk memberikan kesempatan bagi ekonomi masyarakat tersu bergerak. Syaratnya harus disiplin menerapkan protokol kesehatan," jelasnya.

Firdaus berharap agar masyarakat dapat menerapkan protokol kesehatan secara disiplin. Sehingga Kota Pekanbaru dapat segera pulih kembali.**(saf)