• Dr. Firdaus, ST, MT

Gaungriau.com (PEKANBARU) -- Kota Pekanbaru saat ini memasuki gelombang kedua penularan Covid-19 yang diakibatkan infeksi virus Corona. Dimana rasio penularan virus ini lebih tinggi daripada gelombang pertama.

"Gelombang pertama rasio penularan Covid-19 kita hanya 0,4 saja. Gelombang kedua ini diatas 1, kalau dilihat perkasus malah bisa dikatakan kita berada di rasio 4. Artinya satu orang menularkan kepada 4 orang lainnya," ujar Walikota Pekanbaru, Firdaus, Rabu 24 Juni 2020, ketika ditemui para awak media di gedung Bank Riau.

Firdaus juga mengatakan jika hanya melihat satu kasus dari Klaster Palembang yang menularkan kepada 6 keluarga intinya, rasio penularan Covid-19 di Kota Pekanbaru bisa mencapai 6.

Menurut Firdaus, tingginya angka penularan virus Corona pada gelombang kedua ini disebabkan ketidakdisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Masyarakat kita kurang disiplin untuk menerapkan protokol kesehatan. Hal ini terlihat dari tingginya angka penularannya dalam dua pekan terakhir ini," tambahnya.

Firdaus kembali menghimbau kepada masyarakat agar tidak lalai dan ikuti aturan yang diterapkan pemerintah yakni protokol kesehatan.

"Protokol kesehatan itu harus tetap dilakukan dengan disiplin. Cuci tangan dengan sabun, hindari kontak fisik dan jaga jarak, hindari keramaian, menggunakan masker di luar rumah, dan periksakan diri kepelayanan kesehatan jika ada gejala yang mirip, seperti demam dan flu,"tutupnya.**(saf)