Gaungriau.com (PEKANBARU) -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru memetakan wilayah yang menjadi rawan terjadi kebakaran lahan.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra menyebutkan bahwa, ada enam Kecamatan di Pekanbaru yang rawan terjadi kebakaran lahan.

"Ada enam Kecamatan. Payung sekaki, Tampan, Rumbai, Rumbai Pesisir, Tenayan Raya dan Bukit Raya," terang Zarman, Kamis 2 Juli 2020.

Disaat memasuki musim panas seperti ini sangat mudah terjadi kebakaran lahan. Apalagi lahan tersebut kosong tanpa penghuni.

"Mohon kepada masyarakat pemilik lahan kosong untuk senantiasa menjaga lahan, dan jangan ada aktifitas mengolah lahan dengan membakar," ajaknya.

Ia juga mengimbau Ketua RT/RW, Lurah, Camat, dan seluruh lapisan masyarakat sama-sama mengawasi jika ada indikasi pembakaran lahan terjadi di wilayah mereka masing-masing.

Zarman menambahkan, apabila terjadi kebakaran lahan. Pihaknya meminta agar segera melaporkan melalui call center 112 atau call center direct BPBD di nomor 08117651464.

"Mari kita bersama-sama menjaga lingkungan, dengan cara tidak membakar lahan," tutupnya.**(saf)