Gaungriau.com (PEKANBARU) -- Pasca ditutup selama tiga hari akibat adanya pasien positif covid-19 yang mengakses layanan ditempat tersebut. Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru kembali dibuka secara umum untuk melayani masyarakat.

Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru Irma Novrita mengatakan, hari ini layanan administrasi kependudukan di kantor Disdukcapil dibuka kembali setelah dilakukan sterilisasi selama tiga hari.

"Hari ini kita buka layanan kembali. Sudah dilakukan sterilisasi selama tiga hari," ujar Irma, Kamis 9 Juli 2020.

Ia menuturkan, bahwa pasien positif covid-19 yakni Tuan AP (23) berkunjung ke kantor Disdukcapil, Kamis 2 Juli 2020 lalu. Seluruh pegawai yang berkontak dengan Tuan AP dilakukan uji Swab. Ruangan kantor Disdukcapil juga dilakukan penyemprotan cairan disinfektan.

"Ada 18 pegawai kami yang berkontak dengan pasien positif. Baik yang dibagian informasi maupun petugas jaga dipintu masuk. Hasil Swab seluruhnya negatif," terang Irma.

Walaupun layanan di kantor Disdukcapil telah dibuka kembali, namun dikatakan Irma pihaknya masih melakukan pembatasian jumlah pengunjung yang mengakses layanan.

"Kita hanya melayani 100 pengunjung dalam satu hari," ulasnya.

Sementara itu, sejumlah layanan lainnya tetap bisa diakses secara online. Seperti pengurusan Kartu Keluarga (KK) dan e-KTP. Masyarakat bisa mengakses melalui website sipenduduk.pekanbaru.go.id.

Menurutnya, saat ini kondisi masih dalam ancaman pandemi covid-19. Sejumlah layanan disarankan Irma agar dapat mengakses nya melalui online.

"Selain itu UPTD Disdukcapil di setiap kecamatan juga bisa diakses masyarakat untuk layanan dukcapil. Jadi tidak perlu datang ke kantor (Disdukcapil), karena situasi saat ini yang tidak memungkinkan agar menghindari kerumunan," tutupnya.**(saf)