Gaungriau.com (PASAMAN BARAT) -- Dalam rangka rihlah dakwah, Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Riau Dr H Saidul Amin MA, kunjungi Pimpinan Cabang (PC) Muhammadiyah Kinali, Pasaman Barat, Sumatera Barat, Sabtu 25 Juli 2020.

Turut serta pada kunjungan itu Sekretaris H Abunawas SAg MM, Wakil Ketua Bidang Ekonomi H Zulfadli SPdI, Ketua Lembaga Pengembangan Cabang Ranting (LPCR) Dr Baidarus MAg MM, Ketua PW Pemuda Muhammadiyah Riau Firdaus dan Tim Ekonomi Muhammadiyah Riau.

Bertempat gedung SD Muhammadiyah Terpadu Kinali, Rombongan disambut hangat oleh Ketua PC Muhammadiyah Kinali Drs Kusnan bersama unsur pimpinan cabang, unsur Amal Usaha (AUM) dan puluhan warga persyarikatan PC Muhammadiyah Kinali.

Ketua PW Muhammadiyah Riau Dr H Saidul Amin MA, mengatakan bahwa kunjungannya ke PC Muhammadiyah Kinali dalam rangka silaturrahmi dan rihlah dakwah. Hal ini dilakukan karena PC Muhammadiyah Kinali merupakan PC Muhammadiyah Terbaik III di Indonesia.

"Alhamdulillah, rombongan PW Muhammadiyah Riau dapat bersilaturrahmi dengan segenap Pimpinan Cabang, AUM dan warga Muhammadiyah Kinali. Kami merasa senang dapat berkunjung dan tentunya belajar banyak hal untuk dapat kita terapkan di Riau mengingat PC Muhammadiyah Kinali merupakan PC Muhammadiyah Terbaik III di Indonesia,"sebutnya.

Ketua PC Muhammadiyah Kinali Drs Kusnan merasa bangga atas kunjungan silaturrahmi rihlah dakwah rombongan PW Muhammadiyah Riau. Ia juga mengatakan bahwa PC Muhammadiyah Kinali ditetapkan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah sebagai PC Muhammadiyah Terbaik III pada even Expo Nasional Cabang dan Ranting di Limbung, Kabupaten Gowa, 2019 lalu.

"Kami merasa bangga dan senang atas kunjungan ini, tentu kami ingin pula belajar dan mendengar perkembangan dari PWM Riau. Informasi dari kami bahwa beberapa waktu lalu di akhir tahun 2019 kami mengikuti even Expo Nasional Cabang dan Ranting di Limbung, Kabupaten Gowa, alhamdulillah meraih Juara III. Untuk membiayai kegiatan organisasi, kami memiliki usaha budidaya burung walet dengan penghasilan setiap empat bulannya sebesar Rp. 700 jutaan," jelas Kusnan.

Dalam rangkaian kunjungan itu Ketua PW Muhammadiyah Riau dan Ketua Lembaga Pengembanggan Cabang dan Ranting PW Muhammadiyah Riau Dr Baidarus MAg MM, didaulat menyampaikan materi dalam Workshop Menjadi Guru Kreatif dan Inovatif Dalam Proses Pembelajaran.

"Di masa-masa pandemi Covid-19 dan juga tuntutan perkembangan teknologi, guru dituntut kreatif membuat konten pembelajaran berupa video, presentasi yang menarik serta menyesuaikan diri untuk menggunakan perangkat teknologi informasi seperti aplikasi Google Classroom, Google Meet, Edmodo, Zoom dan aplikasi lainnya," ujar Baidarus.

Sementara, Ketua PW Pemuda Muhammadiyah Riau Firdaus antusias pelajari keberhasilan PC Muhammadiyah Kinali dalam mengelola kemandirian ekonomi organisasi dan memaksimalkan potensi jamaah untuk selanjutnya diterapkan di organisasi yang dipimpinnya.

"Alhamdulillah, saya dapat turut serta dalam kunjungan rihlah dakwah ke PC Muhammadiyah Kinali bersama ayahanda PWM Riau. Saya banyak belajar dalam pengelolaan organisasi dan juga bagaimana mengelola bisnis organisasi yang berbasis keikhlasan, kekuatan jamaah serta didasari dari niat yang tulus untuk kemajuan organisasi. Kemandirian ekonomi organisasi dan keikhlasan dalam bekerja adalah kunci utamanya. Mudah mudahan pembelajaran Ini dapat kami terapkan bersama teman-teman PWPM Riau nantinya," ujar Firdaus.**(rls)