Gaungriau.com (BONAI DARUSSALAM) -- Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas PUPR diminta segera melakukan perbaikan Jalan lintas Provinsi Riau, Sontang - Bonai Kasang Padang sepanjang 1 Km menuju Duri Kabupaten Bengkalis, yang saat ini kondisinya rusak total.

Desakan tersebut disampaikan oleh ketua Lembaga Kerapatan Adat (LKA) Kecamatan Bonai Darussalam, kepada Gaungriau.com, Senin 27 juli 2020.

Dikatakannya, bahwa selama ini warga sontang sudah sering menyampaikan aspirasi putusnya aksesibilitas jalinprov ini kepada Pemprov Riau. Namun hingga sekarang belum ada upaya perbaikan sementara dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Riau.

"Kita juga mengetahui kondisi pandemic corona saat ini, karenanya kita minta kepada Pemprov Riau untuk dapat melakukan perbaikan sementara pada ruas jalan yang rusak total yang panjangnya lebih kurang 1 Km tersebut, bukan pengaspalan beton yang kita tuntut", harap Sudirman.

Pada Rabu 24 Juni 2020 bulan lalu, puluhan warga Sontang juga sudah melakukan aksi dengan menanam pohon ditengah badan jalan sebagai bentuk kekecewaan mereka terhadap pemprov Riau yang tidak peduli dengan penderitaan masyarakatnya.

Padahal menurut Sudirman, jalinprov Riau ini merupakan urat nadi perekonomian masyarakat. Jika jalan tak bisa dilewati, dampaknya terhadap perekonomian masyarakat di Kecamatan Bonai ini lumpuh.

Dimana hasil produksi pertanian dan hasil tangkapan ikan nelayan masyarakat sulit dipasarkan ke Kota Duri akibat kos pengeluaran transportasi semakin membengkak, sementara kebutuhan pokok harian harga belinya melonjak naik.

Dalam kesempatan tersebut, Kades Sontang yang juga ketua KNPI Kabupaten Rohul, Zullfahrianto, menyatakan sudah sering mengajukan perbaikan jalan ini ke Pemprov Riau, namun belum ada respon.

Pengajuan perbaikan jalan ini juga telah disampaikannya kepada anggota DPRD Provinsi Riau davil Rohul ketika mereka melakukan reses di Kecamatan Bonaidarussalam, itu juga tidak ada respon dan hasilnya.
"Kita berharap kepada DPRD Riau davil Rohul, agar getol memperjuangkan pembangunan untuk perbaikan jalinprov Sontang Bonai menuju Duri", harap Zulfahrianto.

Dijelaskannya, bahwa selama ini jika terjadi kerusakan pada jalinprov Sontang Bonai menuju Duri, Pemdes Sontang bersama perusahaan proaktif dalam melakukan perbaikan dini terhadap jalan itu. Namun saat ini kondisi jalannya sudah rusak total, sehingga butuh perbaikan secara ekstra dari Dinas terkait.

"Kita berharap bapak Gubernur Riau cepat tanggap untuk melakukan perbaikan jalan ini. Hal itu juga sesuai dengan janji pak Gubri ketika saat kampanye waktu lalu menyatakan akan memperbaiki infrastruktur jalan, apalagi jalan tersebut berada diwilayah perbatasan", ungkap tokoh masyarakat Bonaidarussalam yang akrap disapa Anto Sontang.

Akibat terputusnya akses jalan sepanjang 1Km tersebut, pengendera roda dua terpaksa menggunakan jasa alternatif penyeberangan dengan menggunakan sampan. Tentu dengan penyeberangan ini harus menambah kos pengeluaran dalam perjalanan. Dalam satu unit kenderaan, pengendera roda 2 yang menggunakqn jasa alternatif ini harus mengeluarkan 50 rb hingga 100 ribu sekali seberang, ucap Yati salah seorang pengguna jasa alternatif itu.**(lim)