Gaungriau.com (UJUNG BATU) -- Kamis malam Jum'at, malam hari raya Idul Adha 1441 H, 30 Juni 2020, menjadi momentum bersejarah bagi jamaah masjid Al-Mukmin, RT 16 - RT 11 dusun Seipoteh desa Ujung Batu Timur Kec Ujung Batu Kabupaten Rohul (Riau).

Kenapa tidak, pada malam ini masyarakat Dusun Seipoteh mengadakan tasyakuran peresmian pemakaian masjid Al Mukmin untuk yang pertama pelaksanaan sholat Idul Adha dan pengaktifan pelaksanaan sholat Fardu Jum'at kedepannya.

Pengaktifan sholat Fardu Jumat dimasjid Al Mukmin ini juga seiring dengan terdaftarnya Masjid Al Mukmin Dikementerian Agama Republik Indonesia (RI) dan sudah mengantongi No Id dari Kemenag RI.

Acara tasyakuran ini juga ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng kuning untuk disantap makan bersama dengan berbagai sajian menu menu lainnya. Tak kurang dari 10 tempat nasi tumpeng yang telah disediakan penitia pada acara tasyakuran kamis malam
itu.

Ketua Takmir Masjid Al Mukmin, Syaiful Rahman menyatakan ucapan terimakasih kepada donatur dan seluruh komponen masyarakat yang sudah berpartisipasi bergotong-royong sehingga pembangunan masjid dapat berdiri dan sama sama kita resmikan pemakaiannya.

"Dengan diresmikan dan diaktifkannya sholat Fardu Jum'at di Masjid ini, kita berharap kedepan untuk selalu bersama-sama memakmurkan dan sholat berjamaah Dimasjid Al Mukmin", ajak Syaiful.

Dalam kesempatan itu, KUA Kecamatan Ujung Batu, Jali Sitakar menghimbau agar dalam melaksanakan kegiatan keagamaan di Masjid Al Mukmin tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan anjuran protap yang telah ditetapkan pemerintah.

Dengan diaktifkannya pelaksanaan sholat fardu Jum'at di Masjid ini, maka hendaknya penitia takmir Masjid Al Mukmin juga membentuk kegiatan aktifitas belajar MDA bagi anak-anak dilingkungan sekitar. Hal ini kita anjurkan agar kedepan kegiatan agama ramai dimasjid Al Mukmin dan anak anak kita tidak buta Al Qur'an.

Sementara itu, tokoh masyarakat Rohul H.Indra Gunawan mengapresiasi masyarakat dusun Sei Poteh yang secara gotong-royong penuh kebersamaan membangun Masjid Al Mukmin berdiri megah lebih besar dari Masjid Syuhada RK Harapan.

"Secara pribadi saya mengucapkan trimakasih kepada suluruh masyarakat dusun Sei Poteh khususnya pengurus Masjid Al-mukmin yang sudah berperan aktif dalam mengembangkan siar agama Allah Dimasjid Al Mukmin", ucap Indra Gunawan sapaan akrap Ujang Lurah ini.

Ujang lurah juga haturkan terimakasih kepada H Suparmin dan buk Meldwati yang sudah sukarela menginfakkan sebagian tanahnya untuk lokasi pembangunan Masjid Al Mukmin.

Dikatakannya, bahwa perkembangan pembangunan kemajuan desa Ujung Batu Timur cukup pesat. Hal ini dikarenakan masyarakat penduduknya hetrogen beragam suku etnis yang tinggal di desa Ujung Batu Timur.

Sementara itu Kades Ujung Batu Timur Harde Yanto mendukung pengaktiban pelaksanaan sholat fardu Jumat Dimasjid Al Mukmin. "Dengan diaktifkannya sholat Fardu Jumat, maka setiap waktu sholat, sudah harus ada kumandang azan di Masjid Al Mukmin" ungkap Harde.

Lanjut kades Harde menerangkan bahwa gedung Paud Farihin yang selama ini berada simpang tiga jelang Masjid Babussalam, saat ini sudah memiliki gedung sekolah sendiri.

Bagi orangtua yang ingin mensekolahkan anaknya di Paud Farihin silahkan daftarkan. Dipastikan pembiayaan untuk sekolah PAUD nya lebih murah dari tempat lain.

"Karena di RT 16 ada tanah hibah untuk lokasi pendidikan, maka dalam anggaran Dana Desa (DD) Tahun 2020 kita alokasikan untuk pembangunan Paud Farihin," ujar Harde.

Hadir dalam acara malam tasyakuran ini, tokoh masyarakat Rohul H Indra Gunawan, Kades Ujung Batu Timur Harde Yanto, KUA Ujung Batu Jali Sitakar, seluruh jajaran pengrus Masjid Al Mukmin dan ratusan masyarakat dusun Seipoteh.

Keesokan harinya Jumat 31 Juni 2020 usai pelaksanaan sholat Idul Adha, KUA Ujung Batu Jali Sitakar dan jajaran pengurus Masjid Al-Mukmin melakukan pembukaan tenda selubung pamplat Masjid Al Mukmin yang disaksikan ratusan jamaah sholat Idul Adha.

Jumlah hewan Qurban yang disembelih pada hari raya Idul Adha 1441 H di Masjid Al Mukmin desa Ujung Batu Timur berjumlah, 6 ekor sapi dan 6 ekor kambing.**(lim)