Gaungriau.com (BENGKALIS) -- Pemerintah Daerah melalui Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis kembali menyalurkan dana Bantuan Sosial Tunai (BST) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Daerah (APBD) terdampak covid -19 untuk tahap kedua dan ketiga, Rabu 12 Agustus 2020.

Setelah melalui tahapan verifikasi data penerima BST terdampak Covid-19 dari Pemkab Bengkalis, dinas Sosial Bengkalis akan menyalurkan bantuan dana BST ini kepada 34.529 KK dan sebanyak 209 anak panti.

"Hari ini, Rabu Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis akan mentransfer BST Pemkab Bengkalis langsung ke rekening 34.529 KK penerima dan 209 anak panti," kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis Hj Martini SH kepada wartawan Rabu, 12 Agustus 2020.

Hj Martini menjelaskan bahwa penerima dana BST ini antara lain guru MDTA, mubaligh dan rohniawan, anak panti serta profesi lainnya. Bantuan ini, lanjutnya akan diberikan kepada 34.529 kepala keluarga dan 209 anak panti.

"Untuk bantuan BST ini kita salurkan sekaligus tahap kedua dan ketiga sebesar Rp1,2 juta, sedangkan untuk anak panti mendapatkan bantuan sebesar Rp 400.000," terang Hj Martini.

Hj Martini mengaku penyaluran tahap kedua dan ketiga ini mengalami keterlambatan dikarenakan adanya perubahan alokasi penerima dana BST terdampak covid-19 ini.

Ditambahkanya, bahwa untuk penerima BST ini telah diverifikasi dari tingkat RT, kelurahan dan kabupaten.

"Langkah tersebut, agar tepat sasaran dan menghindari terjadinya penerima bantuan ganda. Hasil verifikasi kelurahan dilengkapi dengan surat pertanggung jawaban mutlak,"ungkap Hj Martini.**(dede)