Gaungriau.com (PEKANBARU) -- Istri Wakil Gubernur Riau Hj. Suti Mulyati menghadiri pembagian masker bersama Dinas Pendidikan Provinsi Riau di Pasar Panam Kecamatan Tampan, Pekanbaru, Rabu 19 Agustus 2020.

Pembagian masker yang dimulai sekira pukul 7.30 WIB sampai dengan jam 09.00 WIB itu juga dihadiri istri Sekdaprov Riau Fariza, Kadisdik Riau Zul Ikram, Kabid SMK Pahmijan, Kasubag Umum dan Kepegawaian Harison, kepala sekolah, PNS dan tenaga honor di lingkungan Disdik Riau.

Di lokasi pembagian masker, istri Wagubri dan istri Sekdaprov Riau turun langsung membagikan masker kepada para pedagang dan pembeli.

Selepas membagikan masker, Suti Mulyati mengatakan kesadaran masyarakat gunakan masker ditempat umum masih 50 persen. Padahal, kegunaan masker sangat penting dalam mencegah penularan virus Corona.

"Pemakaian masker salah satu cara agar kita terhindar dari penularan virus. Pemakaian masker bisa mencegah penularan hingga 70 persen. Kerena, kita tidak tahu sesorang terjangkit atau tidak terjangkit yang biasa disebut orang tanpa gejala (OTG)," kata Suti Mulyati, disela kegiatan.

Hal itu menurut Suti terlihat terlihat dari masih banyaknya masyarakat ditempat umum seperti pasar yang belum mengunakan masker. Ada sebagian mengunakan masker dan ada juga pegadang dan pembeli yang menolak mengunakan masker. Makanya, sebagai langkah membiasakan mengunakan masker, perlu gerakan bersama pemakaian masker salah satu yang dilakukan Dinas Pendidikan Provinsi Riau.

"Kita harus gencar mengedukasi kepada masyarakat manfaat dan kegunaan masker. Imbauan pemerintah gunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan hindari kerumunan harus ditaati. Kita tidak pernah tahu orang tanpa gejala bisa menjadi sumber penularan," kata Suti.

Suti melanjutkan, di masa new normal sekarang ini, tidak tahu siapa yang menularkan dan siapa yang tertular. Seseorang merasa sehat, tetapi lingkungan tempat tinggal mereka tidak sehat."Oleh sebab itu mari kita jaga diri kita sendiri, orangtua, keluarga, anak dan orang sekitar kita dengan selalu mengunakan masker," kata Suti

Suti melanjutkan, Pemerintah Provinsi Riau gencar dan mendukung pemerintah pusat untuk membagikan masker satu miliar diseluruh Indonesia. Untuk pembagian masker di Provinsi Riau telah dimulai sejak 11 Agustus dan akan berlanjut hingga September mendatang. Seluruh kabupaten/kota di Riau juga sudah melakukan gerakan membagikan masker kepada masyarakat.

"Sudah puluhan ribu masker kita berikan kepada masyarakat. Dan saat ini pembagian masker dilakukan beberapa titik salah satunya di Pasar Panam Pekanbaru," katanya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Zul Ikram
mendukung penuh gerakan pembagian masker yang digagas pemerintah pusat. Gerakan membagi masker ini merupakan himbauan kepada masyarakat agar tetap taat terhadap protokol kesehatan untuk hidup perdampingan dengan pandemi.

"Sasaran membagikan masker ditempat keramaian yang berpotensi kerumunan salah satunya pasar. Makanya, Disdik Riau mengambil titik pembagian masker di Pasar Panam. Ada 3.500 masker yang kita bagikan kepada pedagang dan pembeli maupun pengendara yang melintasi Pasar Panam Pekanbaru,"pungkas Zul Ikram.**(rls/mad)