Gaungriau.com (BENGKALIS) -- Pasangan calon (paslon) Kaderismanto-Iyeth Bustami (KDI) dan Indra Gunawan Eet-Samsu Dalimunte (ESA) dijadwalkan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai bakal calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis, Ahad 6 September 2020.

"Pendaftaran kita buka dari tanggal 4-6 September 2020, besok dijadwalkan dua paslon, KDI dan ESA akan mendaftar ke KPU sebagai balon Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis," ujar Ketua KPU Bengkalis Fadhillah Al Mausuly kepada wartawan, Sabtu 5 September 2020.

Dijelaskannya, Paslon KDI akan mendaftar pada Ahad pagi dan dilanjutkan pada siangnya paslon ESA.

"Sampai saat ini kita tetap menunggu dan besok merupakan hari terakhir pendaftaran sampai pukul 00.00 WIB," ungkapnya.

Ketua KPU juga berharap kepada paslon dan partai koalisi serta relawan untuk tetap mematuhi aturan terkait standar protokol kesehatan COVID-19 saat mendaftar nanti di kantor KPU jalan pertanian Bengkalis.

"Sesuai aturan paslon dan tim koalisi harus mematuhi standar protokol kesehatan yang telah kita tetapkan dan tetap akan dibatasi pada saat mendaftar nanti," kata Fadhillah.

Ditambahkannya, berkas dua paslon yang mendaftar pada hari pertama Kasmarni-Bagus Santoso (KBS) danAbi Bahrun-Herman (AMAN) sudah dinyatakan lengkap.

"Untuk keabsahaan dari dokumen pendaftaran akan kita verifikasi terlebih dahulu keabsahannya," kata Ketua KPU.

Dengan mendaftarnya paslon KDI dan ESA, maka sudah dipastikan empat balon Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis sebagai kontestan maju di Pilkada Bengkalis.

Untuk kontestan pertama paslon Kasmarni-Bagus Santoso diusung lima partai koalisi diantaranya PAN, Gerindra, PBB, Nasdem dan Demokrat. Sedangkan paslon AMAN diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan PPP.

Untuk kontestan selanjutnya paslon Kaderismanto-Iyeth Bustami(KDI) diusung PDI-Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan kontestan ke empat paslon Indra Gunawan Eet-Samsu Dalimunte (ESA) di usung Partai Golkar dan Perindo.**(dede)