• Ismail

Gaungriau.com (BENGKALIS) -- Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bengkalis Ismail mengatakan, pihaknya terus meningkatkan pelayanan dalam melaksanakan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik kepada masyarakat kabupaten Bengkalis salah satunya dengan program rekam keliling (reling) langsung mendatangi ke desa.

"Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bengkalis telah melaksanakan rekam keliling (reling) ke desa desa yang tersebar di kecamatan Bandar Laksamana, Rupat dan Rupat Utara sejak Sabtu (04/09) kemarin hingga Ahad (06/09)," ungkap Ismail kepada wartawan Senin 7 September 2020.

Ismail juga menjelaskan bahwa rekam keliling (reling) langsung mendatangi ke desa desa upaya mempercepat pelayanan penerbitan KTP Elektronik yang selama ini masih belum maksimal terselesaikan.

"Selama tiga hari ini, petugas melaksanakan kegiatan rekam keliling (reling) tersebut, Disdukcapil Bengkalis sudah menyerahkan KTP 1.008 lembar kepada warga setempat," terang Ismail.

Ismail juga berjanji bahwa program layanan reling KTP Elektronik tersebut akan terus dilaksanakan secara merata ke desa tersebar di masing masing kecamatan yang ada di kabupaten Bengkalis.

"Disdukcapil Bengkalis akan terus melakukan reling KTP Elektronik ini, yang menjadi perioritas terutama desa yang jauh dan sulit transportasi untuk menuju ke kantor UPT Dukcapil di kecamatan," jelas Ismail.

Ismail menjelaskan kegiatan reling KTP Elektronik ini sangat penting, mengingat masih banyak warga kabupaten Bengkalis memiliki KTP Elektronik.

“Layanan program reling ke desa-desa sangat penting. Karena masih banyak Disdukcapil temukan warga belum memiliki KTP Elektronik. Disdukcapil kabupaten Bengkalis akan mengupayakan program tersebut terus berlanjut," kata Ismail.

Program rekam keliling selama dilaksanakan pemerintah daerah melalui Disdukcapil kabupaten Bengkalis mendapatkan respon positif dari pemerintah desa dan masyarakat setempat. Selain sangat terbantu langsung kepada masyarakat tanpa mendatangi ke kantor UPT Dukcapil juga tidak dibebankan biaya apapun dalam perekaman KTP Elektronik tersebut.

Seperti disampaikan salah seorang warga Rupat Utara Sopian mengatakan sangat mengapresiasi program rekam keliling yang dilaksanakan pemerintah daerah melalui Disdukcapil kabupaten Bengkalis agar penerbitan KTP Elektronik warga bisa segera selesai.

"Selain terselesaikan secara administrasi juga sangat terbantu dari segi transportasi tidak jauh dari UPT Dukcapil setempat. Sangat terbantulah, karena saya tinggal diperdesa dikecamatan Rupat Utara. Mudah- mudahan program rekam keliling ini terus ditingkatkan lagi," ujar Sopian mengakhiri.**(dede)