• Drs H Syamsuar Msi

Gaungriau.com (PEKANBARU) -- Terkait pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun ini di Provinsi Riau, Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi mengimbau mengimbau bupati/walikota untuk netral.

"Pemprov Riau telah menindak lanjuti surat Menpan-RB dan Bawaslu terkait Pilkada serentak. Jadi surat dari Menpan-RB dan Bawaslu itu sudah kami sampaikan kepala bupati/walikota yang melaksanakan Pilkada serentak agar bisa netral," tegas Syamsuar, Senin 7 September 2020 di Pekanbaru.

Tidak hanya untuk Kepala Daerah, Gubri juga mengingatkan Aparatur Sipil Negeri (ASN) provinsi dan kabupaten/kota se-Riau untuk bersikap netral.

"Termasuk pejabat eselon II di lingkungan Pemprov Riau. Artinya sesuai peraturan perundangan yang berlaku ASN harus netral, dan ini harus dipatuhi oleh ASN provinsi maupun kabupaten kota. Termasuk camat dan kepala desa, mereka tidak boleh berpihak, dan itu harus dilaksanakan,"tegasnya lagi.

terutama untuk pejabat Eselon II Pemprov Riau yang nantinya akan ditunjuk sebagai Penjabat Bupati dibeberapa daerah yang Bupatinya telah mengajukan surat cuti dikarenakan kembali ikut Pilkada.

"Begitu juga nanti pejabat kami (eselon II) yang diamanahkan mengemban jabatan penjabat (Pj) dan pejabat sementara (Pjs) bupati agar dapat netral," tutupnya.**(nik)