• Penyerahan APD oleh Kasi PSKBA Dinas Sosial Kota Pekanbaru Hidayat Mardianto kepada pengurus yang diterima Korcam Rumpes Sodi Mendra

Pekanbaru (Gaungriau.com) - Relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) bekerjasama dengan Dinas Sosial Kota Pekanbaru, Sabtu (26/9/2020) pagi kembali turun melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan untuk memutus penyebaran covid 19 di Kota Pekanbaru.

Kali ini aksi dilakukan di RW 1 Kelurahan Limbungan Kecamatan Rumbai Pesisir, karena disana terdapat beberapa orang terkonfirmasi positif covid 19 sehingga harus diisolasi mandiri dirumahnya dan ada juga yang diisolasi dirumah sakit.

Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru, Drs Mahyuddin melalui Kabid Linjamsos Drs. H. Zulnawirawan, M. Si yang disampaikan oleh Kasi PSKBA Dinas Sosial Kota Pekanbaru Hidayat Mardianto kepada Gaungriau.com mengatakan aksi penyemprotan disinfektan ini dilakukan berdasarkan permintaan warga yang dikoordinir oleh Pengurus Koordinator Kecamatan (Korcam) Tagana Rumbai Pesisir yang diketuai Sodi Mendra dan dibantu oleh beberapa Korcam Tagana yang ada di Kota Pekanbaru.

"Atas permintaan warga yang dikoordinir oleh Korcam Rumbai Pesisir, hari ini kita turun bersama anggota Tagana sebanyak 15 orang untuk melakukan penyemprotan disinfektan di rumah warga yang terkonfirmasi covid 19 dan tempat tempat umum seperti Masjid, Posyandu dan tempat-tempat yang pernah dikunjungi warga yang terkonfirmasi positif," jelas Hidayat.

Dijelaskan Dayat (panggilan akrabnya), aksi penyemprotan disinfektan ini, sebelumnya juga dilakukan disejumlah tempat di wilayah Pekanbaru, seperti tempat umum misalnya Kantor Lurah, Kantor Camat, KUA, Masjid, Musalla, rumah warga yang terkonfirmasi positif dan tempat-tempat umum lainnya.

"Harapan kita, dengan dilakukannya aksi penyemprotan disinfektan ini mudah-mudahan dapat membantu mengatasi lajunya penyebaran virus covid 19 diwilayah tersebut, sehingga masyarakat yang tinggal diwilayah tersebut tidak lagi was-was dan bisa hidup lebih tenang dan nyaman. Dan yang menjadi harapan serta doa kita bersama semoga wabah covid 19 ini bisa segera berlalu. Aamiin," ujar Hidayat berharap.


Sementara itu, Kabid Linjamsos Dinas Sosial Kota Pekanbaru, Drs. H. Zulnawirawan, M. Si berharap anggota Tagana yang turun melakukan penyemprotan disinfektan dan masyarakat Kota Pekanbaru agar selalu mematuhi aturan pemerintah dengan mengikuti protokol kesehatan yang telah dicanangkan.

"Ini sangat penting, menjaga lebih baik dari pada mengobati. Lindungilah diri kita sendiri dan keluarga agar tidak terjangkit covid 19. Penyemprotan ini hanya salah satu usaha kita untuk melindungi masyarakat didaerah yang terkonfirmasi positif. Tetapi yang paling penting adalah perilaku hidup kita sendiri yang harus ekstra hati-hati dengan selalu menjalankan protokol kesehatan. Kita berharap semoga masa pandemi covid 19 ini cepat berlalu," harapnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Sekjen FK Tagana Kota Pekanbaru Azwar, Korcam Sukajadi Charli Hanok, Korcam Pekanbaru kota Fauzan Nasiri, Korcam Sail Adrimour dan Korcam Bukit Raya Helena Reza Putri. (ar)