• Kabid Dalduk Disdalduk KB Kota Pekanbaru Dony Sali Irwan, SE. MH didamping Lurah Maranti Pandak Silfenus Hendra dan Ketua Kampung KB Andri Resmana sampaikan arahan dalam rapat evaluasi Kampung KB Meranti Mandiri


Pekanbaru (Gaungriau.com) - Untuk mengevaluasi kegiatan di masa pandemi covid 19 tahun 2020 ini, Forum Musyawarah Kampung KB Mandiri Kelurahan Meranti Pandak Kecamatan Rumbai Pesisir, Selasa (29/9/2020) menyelenggarakan pertemuan bertempat di Aula Kantor Lurah Meranti Pandak.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Kabid Dalduk Disdalduk KB Kota Pekanbaru Dony Sali Irwan, SE. MH Lurah Maranti Pandak Silfenus Hendra SH, Pengelola Kampung KB Eliza, Ketua Kampung KB Andri Resmana, Pengurus/Ketua Pokja, Ketua Poktan BKR, BKB dan BKL serta peran dari PIK.R Remaja Kampung KB Meranti Mandiri.

Kabid Dalduk KB Kota Pekanbaru DS Irwan mengatakan, Kampung KB saat ini bukan lagi bernama Kampung Keluarga Berencana tapi sudah berganti dengan Kampung Beluarga Berkualitas.

"Ini sudah dicanangkan BKKBN Pusat, sehingga Kampung KB tidak hanya bercerita tentang alat kontrasepsi seperti kondom, spiral dan lain sebagainya, tetapi bercerita tentang segala sendi kehidupan. Jadi Kampung KB hari ini merupakan liding sektornya
sehingga bisa bekerjasama lintas sektor seperti Dinas Pertanian dan Perkebunan, Dinas Koperasi dan UMKM serta pihak lainnya," ujar Irwan.

Dimasa pandemi covid 19 ini, Irwan berharap kepada pengelola dan pengurus Kampung KB agar dalam menjalankan program Kampung KB yang sudah tercantum dalam Rencana Kerja Tahunan (RKT) tahun sebelumnya, tetap menjalankan atau mematuhi protokol kesehatan, sehingga kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan memenuhi aturan protokol kesehatan yang ada.

"Pertemuan-pertemuan yang dilakukan harus memakai masker, mengatur jarak dan dilarang berkumpul-kumpul yang tidak jelas. Jadi kegiatan tetap mengacu RKT dan mematuhi protokol kesehatan," katanya.

Lurah Meranti Pandak Silfenu Hendra, SH mengatakan, pihak kelurahan sangat mendukung kegiatan segala potensi yang ada di Kelurahan Meranti Pandak, termasuk Kampung KB, apalagi Kampung KB Meranti Mandiri di kelurahan ini merupakan Kampung KB tingkat kecamatan.

"Hanya saja dimasa pandemi covid 19 ini, kita membatasi kegiatan yang di kelurahan. Apalagi Kecamatan Tampan dan Rumbai Pesisir merupakan daerah yang tinggi warga yang terkonfirmasi positif covid 19. Jadi kita harus mengikuti arahan pemerintah agar tidak melakukan kegiatan yang mengumpulkan orang banyak," katanya.

Sementara itu, Ketua Kampung KB Meranti Mandiri Kelurahan Maranti Pandak Andri Resmana mengatakan, pada masa covid 19 ini kegiatan di kampung KB Meranti Mandiri masih ahak dibatasi, namun pihaknya selalu melakukan koordinasi dengan pihak Distarduk dan BKKBN terkait dengan program-program yang dilaksanakan.

"Jadi dimasa pandemi covid 19 ini, kegiatan-kegiatan tetap kita laksanakan, meski secara online dengan menggunakan grub WA, baik pelaporan dan kegiatan-kegiatan yang ada juga kita dilaksanakan, namun kita tetap mengikuti aturan protokol kesehatan yang telah ditetapkan," jelasnya. (ar)