Pekanbaru (Gaungriau.com) - Komunikasi yang baik perlu dilakukan pada setiap orang karena hal itu dapat melahirkan sinergisitas. Begitu juga yang dilakukan relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) binaan Dinas Sosial Kota Pekanbaru. Dengan komunikasi yang baik, belakangan ini lahir Sinergisitas antara Tagana Pekanbaru dengan pihak kelurahan dalam berbagai hal, termasuk dalam melakukan penyemprotan disinfektan untuk memutus penyebaran covid 19 di Kota Pekanbaru

"Alhamdulillah, hari ini Tagana Bersinergi dengan kita, dengan Kelurahan Umbansari untuk melakukan penyemprotan disinfektan rumah warga yang terkonfirmasi positif covid 19 di RT 06 RW 09 dan beberapa rumah warga disekitarnya. Kita berharap Sinergisitas antara Tagana dengan Pemerintah Kota Pekanbaru ini terus terjalin dan berjalan sebagaimana yang kita harapkan," ujar Asparida Lurah Umbansari Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru disela-sela kegiatan penyemprotan disinfektan di RW 9 Perumahan Padat Karya 1 Rumbai Pekanbaru, Rabu sore (2/10/2020).

Dikatakannya, di Kelurahan Umbansari cukup banyak warga yang terkonfirmasi positif covid 19, yakni ada sekitar 50 orang. Untuk itu, Ia menegaskan kepada warga Umbansari agar tidak melakukan kegiatan kumpul-kumpul yang tidak perlu dan kalau keluar rumah jangan lupa memakai masker.

"Sekarang adalah gerakan memakai masker. Mari jaga diri kita dengan memakai masker. Kita selalu canangkan bahwa memakai masker adalah menjaga diri kita dan orang lain. Anggap diri kita pembawa virus dan jika kita melakukan kontak dengan orang lain anggap orang lain itu juga pembawa virus. Jadi kita menjaga agar tidak menyebarkan virus sama orang lain dan orang lain tidak menyebarkan virus ke kita. Jadi kita sama sama menjaganya," harap mantan Lurah Muara Fajar ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru, Drs Mahyuddin melalui Kabid Linjamsos Drs. H. Zulnawirawan, M. Si mengatakan pada hari ini Jumat (2/10/2020) Dinas Sosial Kota Pekanbaru bersama tim relawan Tagana Pekanbaru melakukan penyemprotan disinfektan di dua tempat yakni paginya di RW 01 Kelurahan Tangkerang Tengah dan sore di RT 06 RW 09 Kelurahan Umbansari.

"Penyemprotan ini dilakukan atas permintaan warga dan juga lurah, karena di daerahnya terdapat warga yang terkonfirmasi positif covid 19. Kita berharap, warga disekitarnya juga dapat membantu warga yang terkonfirmasi positif tersebut selama mereka melakukan isolasi mandiri dirumahnya. Jangan kucilkan mereka, tapi bantu mereka sebisanya, misalnya dengan memberikan bantuan permakanan, seperti beras, gula, mi instan dan lain sebagainya karena selama mereka di isolasi mereka tidak bisa bekerja dan keluar rumah untuk memenuhi kebutuhan mereka," ungkap Zulnawirman.

Dikatakannya, penyemprotan disinfektan ini metupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk memutus penyebaran virus covid 19 ini, tetapi kita juga harus waspada. "Jaga diri kita dengan mengikuti dan menjalankan protokol kesehatan yakni dengan selalu memakai Masker, menjaga jarak, sering-sering Mencuri Tangan dan menghindari keramaian," ujarnya.


Ketua FK Tagana Kota Pekanbaru Almudasir melalui Sekjen FK Tagana Kota Pekanbaru Azwar, S.Hum mengucapkan terima kasi kepada rekan-rekan anggota Tagana Kota Pekanbaru yang selalu siap membantu warga yang membutuhkan bantuan Tagana.

"Saya salut dengan semangat teman-teman anggota Tagana yang selalu siap dan tanggap dalam membantu warga yang membutuhkan. Semoga semangat ini terus berkibar dan tidak kendor apapun yang dihadapi dilapangan. Jadikan ini sebagai amal ibadah bagi kita semua dan semoga Allah SWT akan membalasnya dengan kebaikan-kebaikan serta rizki yang belipat ganda. Aamiin," katanya berharap.

Turut hadir Kasi PSKBA Dinas Sosial Kota Pekanbaru Hidayat Mardianto, Wakil Ketua FK Tagana Kota Pekanbaru Afriyun, Korcam Rumpes Sodi Mendra, Korcam Sukajadi Desdeweni, Korcam Rumbai Nurpendi, Korcam Bukit Raya Helena Reza Putri, beberapa anggota dan pengurus Tagana Pekanbaru lainnya serta dibantu oleh anggota KSB Meranti Jaya Kelurahan Meranti Pandak Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru. (ar)