• Pembangunan laboratorium komputer SMP N 3 Ujung Batu tinggal finishing.

Gaungriau.com (UJUNG BATU) -- Dari tahun ketahun prasarana wajah pembangunan infrastruktur SMP Negeri 3 Kecamatan Ujung Batu, Kabupaten Rohul (Riau) terus menunjukkan kemajuan.

Pada tahun 2020 misalnya, Sekolah yang dipimpin Dra Yeni Irmayati MPd ini juga berhasil mendapatkan kue pembangunan dari Dana Alokasi Khusus (DAK), yakni satu unit pembangunan Laboratorium komputer dan Prabot, tiga lokal rehap ruang kelas dan 5 ruang bangunan MCK.

Capaian penambahan pembangunan prasarana infrastruktur ini berkat kesungguhan dan sinergi semua warga sekolah. Pengajuan proposal data Dapodik kita lakukan dengan benar sesui kondisi yang sebenarnya, dan terus mengadakan pendekatan pada pihak pihak terkait, ujar Kepsek Dra Yeni Irmayati MPd, kepada gaungriau.com, Selasa 13 Oktober 2020.

Dikatakan Yeni, niat dan upayanya untuk membangun SMP Negeri 3 Ujung Batu terus dilakukan dqn berkobar. Mengingat saat ini sekolah masih sangat membutuhkan penambahan ruang perpustakaan, ruang serbaguna dan rehap ruang guru. "Hal ini sudah kita ajukan di Dapodik dan bahkan beberapa kebutuhan sekolah lainnya kita ajukan proposal bantuan ke bankeu," ucap Yeni.

Progres Pengerjaan DAK SMPN 3 Tinggal Finishing.
Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia Pembangunan Sekolah (P2S) SMPN 3 Ujung Batu, Mulyono menerangkan bahwa pengerjaan 3 item DAK 2020 dimulai dan dilaksanakan sejak 20 July lalu. Pembangunan Laboratorium komputer dengan ukuran 12x10 meter ditambah selaser saat ini progres pengerjaannya sudah hampir rampung.

"Pengerjaan pembangunannya secara swakelola ini dilaksanakan sesuai dengan RAB, dan tetap dalam pengawasan oleh konsultan", ujar Mulyono.

http://gaungriau.com/gambar/foto/8077248460.jpegProgres pengerjaan tiga lokal ruang SMPN 3 Ujung Batu tinggal finishing

Dalam pembangunan Laboratorium Komputer kata Mulyuno, bangunan pondasi cukup tinggi diakibatkan kultur tanah lokasi pembangunan dataran rendah sehingga membutuhkan banyak tanah timbun untuk menghidari banjir nantinya.

Lanjut Mulyono, pengerjaan rehabilitasi 3 ruang lokal kelas, progres pengerjaannya juga sudah hampir tuntas.

Dikatakannya, beberapa bagian pada ruang kelas ini diganti secara total, lantai yang sebelumnya kramik, sekarang lantainya diganti granit, 3 pintu ruangan diganti dengan pintu baru, atap diganti dengan atap yang baru, plapon diganti baru, juga dengan beberapa jendela yang tidak layak pakai diganti serta pengecatan 3 ruangan dilaksanakan.

Pembangunan MCK, sebelumnya kondisi MCK di SMP 3 ini sangat memprihatinkan, saat ini pembangunan MCK 5 ruang sudah hampir rampung.

"Secara keseluruhan progres pembangunan DAK 2020 SMP N 3 tinggal finishing, Insya Allah sebelum 16 Desember mendatang seluruh bangunan yang dikerjakan sudah bisa dipungsikan", tutup Mulyono.**(lim)