Gaungriau.com (SIAK) -- Sebagai langkah antisifasi guna mencegah munculnya begal di kota Siak, Polres Siak terjunkan satgas khusus ditugaskan untuk melakukan patroli rutin guna memberi rasa aman kepada masyarakat ,terutama bagi yang bersepeda.

Perihal tersebut disampaikan oleh Kapolres Siak AKBP Doddy Ferdinan Sanjaya ,SH ,SIK ,MIK Sabtu pagi 31 Oktober 2020

"Tim Cegah yang tergabung dalam satgas khusus anti begal Polres Siak akan melakukan pengamanan di sepanjang jalur perlintasan yang dilalui oleh warga yang berolahraga sepeda," jelasnya.

Sekarang ini cukup maraknya begal terhadap masyakat yang sedang bersepeda di beberapa wilayah di Indonesia, Polres Siak menggelar pengamanan di sejumlah jalur perlintasan sepeda di wilayah Kabupaten Siak.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan Satgas khusus anti Begal Polres Siak yang dilakukan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan warga Siak yang bersepeda," sebutnya.

Adapun Personil Gabungan Polres Siak yang di persenjatai lengkap akan melaksanakan patroli di sepenjang jalur bersepeda di kota siak seperti dari depan Istana Siak sampai kantor DPRD Kabupaten Siak.

“Patroli sekaligus pengamanan akan dilakukan dengan humanis, setiap warga yang bersepeda akan kita sapa dan jelaskan tentang keberadaan Satgas khusus anti begal ini dengan tujuan meyakinkan warga yang bersepeda merasa aman dan nyaman saat berolahraga sepeda,” tambah AKBP Doddy.

Untuk kegiatan Patroli dan pengamanan dimulai sejak hari ini dan akan terus berlanjut ke depannya.

Sebelumnya, Polres Siak sudah menempatkan sejumlah personil di tempat-tempat area Car Free Day ( CFD ) yang merupakan giat rutin pengamanan.

Terakhir Kapolres Siak menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap berhati hati saat berolahraga sepeda dan tetap patuhi protokol kesehatan cegah Covid - 19.

"Kami dari pihak kepolisian menghimbau kepada seluruh masyarakat yang melakukan olahraga sepeda untuk melakukan beberapa hal ini agar terhindar dari pelaku begal. 1. Perhatikan waktu dan jalur saat bersepeda, bersepedalah bersama sama jangan sendirian minimal 2 orang;
2. Jangan menggunakan pakaian atau perhiasan yang mencolok;
3. Jangan memakai perhiasan yang dipasang atau digantung disepeda maupun dilengan karena akan memancing pelaku pembegalan;
4. Tetap waspada dengan lingkungan sekitar saat bersepeda, patuhi rambu rambu lalu lintas dan protokol keseharan Covid - 19." Sebut Doddy mengingatkan.**(jas)