• Manager PTPN V Kebun Sero M Rafandi didampingi APK M hd Ridho dan ketua SPBUN Sarkawi Nasution saat memberikan materi edukasi Sertifikasi RSPO

Gaungriau.com (UJUNG BATU) -- Managemen PTPN V Kebun Sei Rokan edukasi dan sosialisasi Raundtable On Sustainable Palm Oil (RSPO) kepada seluruh Karpim, Karyawan Vendor dan stakeholders yang ada dilingkungan perusahaan.

Edukasi dan sosialisasi ini dilaksanakan di Mess Mplasmen PTPN V Kebun Sei Rokan, Jumat 30 Oktober 2020. Turut dihadiri Manager Kebun Sei Rokan M Rafandi, Askep, Asisten Personalia Kebun Mhd Ridho, Ketua SPBun Sarkawi, dan puluhan peserta dari 3 desa lingkungan perusahaan serta perwakilan masing masing Afdeling.

Manager Kebun PTPN V Sei Rokan, M Rafandi dalam arahannya menyatakan, bahwa sangat penting untuk disosialisasikan sertifikasi yang sudah dimiliki oleh Kebun Sei Rokan seperti RSPO, ISPO, ISCC, dan apa perbedaan kebun yang sudah mengantongi sertifikasi dan yang belum sertifikat.

"Dengan sertifikasi yang dimiliki itu, ekspor Crude Palm Oil (CPO) kita yang sudah sampai pada konsumen luar negeri, itu mampu menopang dan menaikkan daya saing CPO kita karena dapat dipertanggungjawabkan diketahui dan ditelusuri asal produksinya", ucap Rafandi.

Selain itu, managemen PTPN V Kebun Sei Rokan juga sosialisasikan penerapan PKB bagi seluruh karyawan, kebijakan PTPN V dan sawit lestari, kebijakan mekanisme komunikasi konsultasi dan kordinasi internal dan eksternal, sosialisai kebijakan HAM larangan seksual kekerasan dan penyalahgunaan hak reproduksi dan sosialisasi kebijakan prilaku etis.

Manager Kebun Sei Rokan juga berharap kepada seluruh stakeholders agar hubungan silaturrahmi yang sudah terbangun selama ini dapat terjaga harmonis dan lebih dieratkan lagi kedepannya. Hal ini sangat penting untuk kondusifitas kita dalam peningiatan otos kerja serta peningkatan produksi TBS di Kebun PTPN V Sei Rokan, ujar Fandi.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua SPBUN Sarkawi menyampaikan bahwa sebagai mitra perusahaan, SPBUN Sei Rokan mengharapkan stakeholdes yang ada dilingkungan perusahaan untuk mendukung perusahaan dalam peningkatan pencapaian hasil produksi.

Sementara staf kebun Sei Rokan Samuel Nababan, memaparkan dengan jelas kepada peserta yang hadir apa itu sertifikat RSPO ISPO ISCC yang sudah dimiliki kebun Sei Rokan.

Pada kesempatan tersebut, managemen PTPN V Kebun Sei Rokan juga membuka tanya jawab kepada seluruh peserta yang hadir dalam sosialisai RSPO kebun Sei Rokan Tahun 2020-2021.

Dalam pelaksanaan edukasi dan sosialisasi RSPO tersebut tetap mematuhi dan mengedepankan protokol kesehatan yang sudah ditentukan pemerintah.**(lim)