Gaungriau.com (SIAK) -- Penyaluran Zakat konsumtif yang diterima oleh sejumlah Mustahiq di kecamatan Lubuk Dalam merupakan hasil dari pengumpulan oleh UPZ setempat yang berasal dari masyarakat yang telah mengeluarkan zakat penghasilannya, dan kemudian di kembalikan lagi kepada masyarakat yang berhak menerimanya.

Penyaluran zakat dikecamatan lubuk Dalam ini di serahkan secara simbolis kepada mustahiq oleh Pjs Bupati Siak Dr.Indra Agus Lukman, di dampingi oleh Komisioner Baznas Siak H.Samparis, Sulaiman S.Ag , sekcam lubuk Dalam Zulfadli S.Sos dan Ketua Upz Lubuk Dalam Ustd Sukron wahid M.Pd yang di laksanakan di masjid Nurul Iman kecamatan lubuk Dalam Jumat 13 November 2020.

Pada kesempatan itu Pjs Bupati Indra Agus memberikan Apresiasi terhadap kenerja Upz kecamatan lubuk Dalam, karena kecamatan ini telah berhasil mengumpulkan zakat terbesar pada saat ini.

"Tentu nya dalam hal ini perlu kita syukuri terhadap keberhasilan dan perjuangan kawan-kawan Upz yang terlibat di dalam nya yang terus gencar mensosialisasikan kemasyarakat terhadap wajib mengeluarkan zakat dari penghasilan yang diperoleh, sesuai dengan besar nya yang sudah ditentukan," kata Indra.

Dia juga menghimbau kepada masyarakat untuk terus mengeluarkan zakat, dan begitu juga dengan kepercayaan yang di berikan oleh masyarakat kepada Baznas dan Upz sebagai yang diamanahkan terkait pengelola dana zakat ini, semua dana yang telah di kumpulkan tetap kembali kepada masyarakat yang di ketagorikan sebagai Mustahiq.

Di samping itu juga Pjs j Bupati mengingatkan kepada masyarakat Lubuk Dalam dimasa Pademi covid 19 sekarang ini, diminta kepada masyarakat agar senantiasa mengikuti aturan dan jangan melanggar protokol kesehatan (Prokes), dengan senantiasa memakai Masker, serung cuci tangan dan menjaga jarak.

Tak hanya itu, mengingat pada 9 Desember 2020 mendatang Siak akan melaksanakan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dia menghimbau masyarakat agar senatiasa menjaga hubungan silaturrahmi, dan bersama-sama menciptakan suasana yang aman dan damai.

"Soal berbeda pilihan itu sudah biasa disetiap ajang lima Tahun sekali seperti ini, dan dari hasil yang diperoleh nanti, siapa pun pasangan yang akan memenangkan pada pertarungan pilkada serentak ini, dia adalah Bupati dan wakil Bupati seluruh masyarakat Kabupaten Siak,"tutup Indra Agus.

Sementara, Sukron Wahid .M.Pd selaku ketua Upz Lubuk dalam menjelaskan bahwa zakat yang kita salurkan pada saat ini berjumlah 142 juta yang di di bagikann kepada 142 orang Mustahik
Penyaluran zakat konsumtif yang di salurkan pada tahap IV ini di berikan berupa uang tunai dan sembako masing-masing senilai Rp 1 juta.

Tahap IV ini Upz bisa mengumpulkan zakat 70 juta sedangkan yang di salurkan saat ini berjumlah 142 juta.jumlah ini di tambah oleh Baznas Kabupaten Siak.

Syukron wahid mengharapkan kepada lapisan masyarakat Lubuk Dalam yang belum menunaikan zakatnya agar membayarkannya ke Upz. "Dan bagi Muzaki yang telah menunaikan zakatnya ke Upz semoga para muzaki di berikan harta melimpah, selalu di berikan kesehatan dan kekuatan dan mendapat keberkahan" Sebut Syukron Wahid.**(jas)