• Dibangun dari DAK tahun 2020, RPS-TBSM SMK Negeri 1 Ujung Batu, ukuran 12x30 tuntas dikerjakan

Gaungriau.com (UJUNG BATU) -- Progres pengerjaan bangunan Ruang Peraktek Siswa (RPS) peruntukan Jurusan Tehnik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) SMK Negeri 1 Ujung Batu, Kabupaten Rohul Provinsi (Riau) tuntas dikerjakan.

Bangunan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2020 ini berdiri cukup megah. Selain pengerjaannya dilakukan dengan swakelola, pelaksanaan pengerjaan bangunan RPS ini mengedepankan mutu dan kualitas bangunan juga tetap dalam pengawasan pihak konsultan.

Demikian diungkapkan oleh Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Ujung Batu Sabarudin SAg, kepada gaungriau.com, Kamis 19 November 2020 dilokasi bangunan RPS.

Diakui Sabar, sejak Tahun 2018 lalu ia menjabat kepala sekolah SMK N 1 Ujung Batu, ia beserta tim guru selalu berusaha agar prasarana infrastruktur sekolah mendapatkan bangunan tambahan.

Berkat kerja semua tim itu, Tahun 2019 sekolah SMK ini mendapatkan tambahan bangunan dari DAK untuk ruang RPS Multy Media, Tahun 2020 Sekolah SMK dapat lagi DAK 600 juta lebih untuk ruang RPS-TBSM dengan ukuran 12x30 meter, serta DAK alat prakteknya.

"Setiap dapat tambahan bangunan ruangan, ia selalu buatkan seping tambahan WC 3 buah. Sepping tambahan WC ini juga pendukung untuk kenyamanan bagi warga sekolah dalam aktivitas belajar mengajar", ungkap Sabar.

Diakui Sabarudin, sejauh ini SMK Negeri 1 Ujung Batu masih kekuarangan Ruang Kelas Baru (RKB) 7 lokal. Jumlah murid 945, lokal yang tersedia saat ini hanya 22 lokal, sedangkan rombel 27, dari yang 22 lokal itu dipakai lagi untuk kantor 2 lokal, jadi yang bisa dimanfaatkan lokal untuk aktivitas belajar mengajar hanya 20 lokal.

Untuk mengantisivasi kekurangan lokal tersebut dan proses aktivitas belajar mengajar lancar di sekolah, kita terbantu dengan adanya RPS 6 ruangan, dan setiap tahun kita laksanakan prakerin magang, sehingga jika peroses belajar dengan tatap muka pun sudah bisa kita laksanakan dengan epektif.

Dikatakan Sabar, bahwa untuk ujian direncanakan dengan sistim CBT Android dan dilangsungkan dengan tatap muka, dengan mematuhi protokol kesehatan 1 lokal 16 sampai dengan 18 orang.

Karena No Reg sudah keluar dari Dinas Pendidikan Provinsi Riau, untuk Tahun Pelajaran (TP 2020-2021) SMK Negeri 1 Ujung Batu, sudah menambah dan buka jurusan Tata Busana, dan menerima siswa baru 36 orang, dan guru bidang studinya sudah ada, tutup Sabaruddin.**(lim)